Sunday, Oct 24, 2021
HomeBeritaSegera Daftarkan Diri ikuti Kejuaran Panahan Menwa Batalyon 041 Indra Buana

Segera Daftarkan Diri ikuti Kejuaran Panahan Menwa Batalyon 041 Indra Buana

unri.ac.id Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Kejuaraan Panahan Tradisional Tingkat Nasional Komando Resimen Mahasiswa  (Menwa) Batalyon 041 Indra Buana Universitas Riau (Unri) pada tanggal 26-30 April 2018 mendatang di lapangan open space Unri, maka Ryndian Gusty, Komandan Resimen Mahasiswa Batalyon 041 Indra Buana Unri menghimbau kepada para para peserta untuk segera mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba bergengsi ini.

“Kejuaraan panahan tradisional tingkat nasional ini, kita gelar karena mengingat perkembangan olahraga panahan saat ini mulai menjadi trend di tengah masyarakat pada tahun-tahun belakangan. Olahraga memanah kini mulai menjadi pilihan masyarakat bahkan sekolah-sekolahpun mulai menyertakan olahraga panahan ini sebagai kegiatan ektrakurikuler,” terang Ryndian Gusty.

“Kejuaraan ini dibuka untuk peserta dari tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), dan dari Umum. Oleh karena itu, bagi yang berminat segera mendaftarkan diri mulai dari sekarang dan bisa menghubungi nomor kontak panitia pelaksana di nomor 081270011803 atau dapat langsung ke Sekretariat Menwa Batalyon 041 Indra Buana Unri di Komplek Kampus Bina Widya Universitas Riau,” ujar Ryndian.

“Kegiatan ini dipilih selain untuk lebih mengenalkan olahraga memanah juga sebagai ajang pembinaan sekaligus menggiatkan panahan tradisional yang merupakan warisan budaya bangsa Indonesia serta merupakan olahraga bernilai ibadah bagi umat Islam. Selain itu kejuaraan memanah tradisional tingkat nasional ini membawa pesan persatuan dimana seluruh peserta nantinya akan menggunakan pakaian tradisional nusantara,” ungkap Ryndian

Lebih lanjut, Ryndian, menyampaikan ada dua kategori kejuaraan pada kegiatan panahan tradisional tingkat nasional ini. Yang pertama Horsebow sendiri merujuk pada genre busur yang secara tradisi digunakan sambil menunggang kuda. Busur jenis ini ditandai dengan ukurannya yang relatif pendek, meski ada yang panjang, dan berbahan komposit seperti kayu atau bambu, tanduk dan otot atau sinew.

“Ada tiga bagian utama dalam busur ini yakni gagang, dustar yakni lengan yang bisa melengkung saat busur ditarik lalu tempat di ujung-ujung busur tempat mengaitkan tali busur yang disebut siyah. Sementara itu teknik Bare Bow ialah teknik memanah dengan menggunakan segala macam jenis busur tanpa asesoris seperti sight atau fisir, stabilizer, clicker,” ujar Ryndian. (wendi) ***

FOLLOW US ON:
Ini Faktor-faktor Ke
Wawasan yang Harus D

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: