Friday, Sep 18, 2020
HomeBeritaTahun 2016, Prodi Berakreditasi A di UR Makin Bertambah

Tahun 2016, Prodi Berakreditasi A di UR Makin Bertambah

unri.ac.id. Tahun 2016 ini, Program studi (Prodi) Agribisnis dari Fakultas Pertanian dan Prodi Ilmu Administrasi Publik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau (UR) memperoleh akreditasi A melalui penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Untuk memperoleh akreditasi A bagi suatu Prodi di Universitas, membutuhkan proses yang cukup panjang, karena banyak indikator yang harus dipersiapkan. Untuk menunjang peningkatan nilai pada masing-masing indikator tersebut, UR juga telah membentuk tim taskforce, penyusunan borang dan evaluasi diri, penyediaan dokumen pendukung yang lengkap,” ungkap Rektor UR, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA.

Sebelumnya, sebanyak delapan Prodi yang ada di UR Juga telah memperoleh akreditasi A, yaitu dari Fakultas Ilmu Perairan dan Kelautan Ilmu Kelautan, di antaranya Prodi Budidaya Perairan, Teknologi Hasil Perikanan, Pemanfaatan Sumberdaya Perairan, dan Ilmu Kelautan. Selain itu juga dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, yakni Prodi Hubungan Internasional, dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, yakni Prodi Kimia, Ilmu Keperawatan, dan Prodi Profesi Ners.

“Nilai akreditasi bagi suatu kampus merupakan bentuk dari tingkat nilai mutu dari sebuah Prodi. Selain itu, akreditasi menjadi satu dari indikator pengakuan publik atas institusi atau program studi yang terjamin kualitasnya. Jaminan ini disebabkan lembaga atau badan yang melakukan visitasi dan mengeluarkan nilai akreditasi bagi seluruh institusi kampus dan program studi adalah BAN-PT. BAN-PT merupakan lembaga independen dan profesional, karena memiliki asesor pilihan dari semua ilmuwan di Indonesia,” jelas Aras.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UR mengajak kepada seluruh unit kerja di lingkungan UR untuk mempersiapkan diri dalam proses akreditasi instisusi UR ini. “Untuk akreditasi universitas, berakhir pada tahun 2019, maka dari itu kita berkomitmen untuk meningkatkan akreditasi ini ke peringkat yang lebih baik. “Selamat kepada prodi yang mendapatkan Akreditasi A dan kepada prodi yang lain agar termotivasi untuk dapat meningkatkan dan mempertahankan Akreditasi untuk menjamin mutu dan lualitas lulusan di Universitas Riau”, harap Aras. (wendi) ***

FOLLOW US ON:
UR Berangkatkan 29 O
Petunjuk pembayaran

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: