Sunday, Jul 25, 2021
HomeBeritaSiapkan SDM Unggul dalam Menghadapi Perkembangan Zaman

Siapkan SDM Unggul dalam Menghadapi Perkembangan Zaman

unri.ac.id Teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan masyarakat yang tanpa batas karena di pengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital secara massif. Hal ini disampaikan Dewan Pengawas (Dewas) Universitas Riau (UNRI)  Prof Ir Tian Belawati MEd PhD pada kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) UNRI melalui zoom meeting, Kamis (18/3/2021).

Perkembangan teknologi berpengaruh pada kehidupan manusia baik dalam social, ekonomi, kecepatan dan kemudahan mengakses dan menyebarkan informasi, serta perubahan dalam meringkas suatu pekerjaan. Perkembangan ini juga berpengaruh pada digitalisasi pendidikan, Sumber belajar sebelumnya sebagian besar hanya bersumber dari pendidik dan buku, sedangkan saat ini sumber belajar juga dapat diperoleh melalui internet.

“Dalam menyikapi distrative inovasion kedepankita dianjurkan melakukan inovasi-inovasi baru, dalam hal ini paling penting menghadapi perkembangan teknologi terkait membangun pemikirian kepada masyarakat dalam hal peningkatan kompetensi dan keterampilan dalam hal bidang tertentu untuk kemajuan kebutuhan industri  serta menghadapai perkembangan industri tersebut,” ungkapnya.

Dengan perkembangan zaman, di butuhkan lulusan yang berkopeten dan ini masih kurang dan perlu dikawal bersama-sama untuk meningkatkannya untuk kebutuhan dan kemajuan kedepan. “Menghadapi era perkembangan zaman, peran pendidikan tinggi menjadi sangat penting, terutama dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian, pendidikan tinggi yang berbasis riset harus mendorong semakin terbukanya pengetahuan yang mampu meningkatkan kesejahteraan manusia.”

Lebih lanjut, pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan  yang berada dalam arus perubahan yang cepat, yang ikut terkena dampak perkembangan zaman tentunya pendidikan tinggi menyambut perubahan era ini dengan strategi kompetensi handal, terutama pengajaran online atau dalam jaringan (daring) itu memiliki daya jangkau yang luas, melewati batas-batas fisik kampus dan negara. Sudah banyak perguruan tinggi terkemuka di dunia yang memberikan mata kuliah dengan memanfaatkan teknologi internet tersebut.

Tantangan yang lain adalah kurikulum. Lapangan pekerjaan menagih Sumber Daya Manusia (SDM) dengan  kompetensi-kompetensi yang berbeda di era sebelumnya, kurikulum pendidikan tinggi yang selama ini ada tentu harus dibenahi. Seberapa siap pendidikan tinggi mengkonstruk ulang kurikulumnya untuk menjawab kebutuhan jaman, sejalan dengan perubahan kurikulum, metode pembelajaran pun harus berubah. Pembelajaran yang melibatkan siswa sebagai pusat pembelajaran menjadi orientasi setiap metode pembelajaran. 

Selain itu pentingnya dari sekarang untuk membekali mahasiswa menjadi lulusan yang hadal siap untuk menghadapi perubahan kedepan serta meningkatkan kopetensi dan keterampilan dengan jenis kemampuan yang dimiliki mahasiswa menyertai ilmu pengetahuan teknologi. (wendi. ed:rion. foto: rizki) ***

Siapkan SDM Unggul dalam Menghadapi Perkembangan Zaman (Sumber: HUMAS Universitas Riau)

Siapkan SDM Unggul dalam Menghadapi Perkembangan Zaman (Sumber: HUMAS Universitas Riau)

Siapkan SDM Unggul dalam Menghadapi Perkembangan Zaman (Sumber: HUMAS Universitas Riau)

Siapkan SDM Unggul dalam Menghadapi Perkembangan Zaman (Sumber: HUMAS Universitas Riau)

FOLLOW US ON:
Tingkatkan Kualitas
Pentingnya Branding

wannovrinur@staff.unri.ac.id

Rate This Article: