Monday, Dec 9, 2019
HomeBeritaPahlawan-pahlawan Masa Kini

Pahlawan-pahlawan Masa Kini

unri.ac.id Peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum bangsa Indonesia mengingat kemerdekaan yang dinikmati hingga saat ini yang diperoleh dengan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu bangsa.

menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain.

Hal ini disampaikan Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA Rektor Universitas Riau (Unri) pada upacara bendera Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 di lingkungan Unri di Kampus Bina Widya Unri.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang menggangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa dimata Internasional,” ujar Aras.

Peringatan hari pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Dengan Tema Hari Pahlawan tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini,” Universitas sebagai pencipta karakter bangsa tentunya terus meningkatkan mahasiswa yang handal untuk mengharumkan negara.

Tambahnya, mahasiswa sejatinya adalah masa depan bangsa, maka jika mahasiswa berkualitas dan baik maka bisa dipastikan masa depan bangsa ini juga akan semakin baik. Didalam diri seorang mahasiswa itu tertanam sebuah amanah yang besar yang akan mereka pertanggung jawabkan kepada rakyat Indonesia, amanah itu adalah belajar, meningkatkan inovasi, dan bersaing dikancah internasional.

Perjuangan mahasiswa dalam perkuliahan, meningkatkan inovasi teknologi terbaharu itu merupakan salah satu bentuk jasa mereka terhadap Indonesia yang akan menjadi pertaruhan masa depan bangsa ini.

“Tidak hanya itu, mahasiswa adalah harga diri bangsa, betapa banyak kita lihat prestasi mahasiswa Unri khususnya di ajang lomba Internasional maupun nasional yang mampu mengangkat derajat kita dihadapan negara lain nya,” ujar Guru besar bidang perikanan dan kelautan ini menjelaskan.

Pesatnya pembangunan hanya terfokus di beberapa wilayah saja di Indonesia, ini memang fakta yang perlu kita akui. Kualitas pendidikan rakyat yang tidak merata menjadi permasalahan tersendiri bagi pemerintah. Di beberapa daerah bahkan masih ada penduduk yang masih buta huruf dan rendah kualitas pendidikan, serta meningkatkan kualitas perekonomian.

Disinilah peran Universitas dan mahasiswa menjadi begitu penting sebagai Volunteer atau relawan untuk membangun Indonesia dari daerah. Diharapkan peran Universitas dan mahasiswa dapat turun di daerah-daerah melakukan berbagai hal bermanfaat seperti datang ke daerah terpencil untuk membantu mengentaskan Buta Huruf, lalu juga ada mahasiswa yang melakukan bakti sosial membantu masyarakat untuk membangun dan memperbaiki kualitas hidup dan pendidikan orang di desa serta meningkatkan kualitas perkonomian daerah dengan cara memberikan ilmu, inovasi dan presatasi yang telah di torehnya di bangku perkuliahan kepada masyarakat daerah, tutupnya. (wendi. foto: rizki) ***

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

FOLLOW US ON:
Hak Kekayaan Intelek
Melalui Coop Chevron

wannovrinur@staff.unri.ac.id

Rate This Article: