Monday, Apr 12, 2021
HomeBeritaLTMPT Membuka Kembali Masa Registrasi Akun LTMPT untuk Sekolah dan Siswa    

LTMPT Membuka Kembali Masa Registrasi Akun LTMPT untuk Sekolah dan Siswa    

unrinews. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memperpanjang batas waktu registrasi dan penyimpanan permanen akun LTMPT untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Dalam kesempatan ini Rektor Universitas Riau (UNRI), Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, melalui Wakil Rektor Bidang Akademik UNRI Prof Dr M Nur Mustafa MPd, menyampaikan LTMPT memberikan kesempatan kepada siswa yang eligible daftar SNMPTN tetapi belum registrasi akun atau mempermanen akun LTMPT untuk melakukan registrasi dan mempermanen akun LTMPT tanggal 7-23 Februari 2021, jelas nya, Jumat (5/2/2021) kepada redaksi unrinews.

Perpanjangan Masa registrasi akun LTMPT ini tertuang dalam Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT no 03/SE.LTMPT/2021 tentang Pembukaan Kembali Masa Registrasi Akun LTMPT.

Ia mengatakan, kesempatan ini dibuka kembali karena siswa yang berhak mengikuti SNMPTN dan sudah memiliki akun LTMPT baru berjumlah 93 ribu orang. Sementara kesempatan registrasi sudah ditutup pada 1 Februari lalu.

Melaui pengumuman tersebut, LTMPT membuka kembali masa registrasi akun LTMPT berdasarkan masih banyaknya sekolah yang belum melakukan finalisasi atau mempermanenkan atas tahapan regristrasi akun LTMPT, Ungkap M Nur.

Lebih lanjut, pada kesempatan ini LTMP memberi kesempatan yang lebih luas kepada sekolah dan siswa untuk ikut serta dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri, “mengingat semptnya waktu dimohon sekolah dan siswa segera untuk melakukan finalisasi registrasi akun LTMPT jika data yang diisi sudah benar”.

“Kepada berbagai pihak agar terus pantau informasi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur resmi penerimaan mahasiswa baru seperti pada yang ada pada website resmi UNRI www.unri.ac.id maupun media sosial official UNRI melalui Instagram @humasuniversitasriau. Terus ikuti perkembangan tata cara dan jadwal yang disampaikan melalui media-media resmi informasi penerimaan mahasiswa baru yang ditetapkan,” terang Wakil Rektor Bidang Akademik UNRI ini mengingatkan.

Senada dengan hal ini, Biro Akademik dan Kemahasiswaan Azhar Kasymi SH menyampaikan peserta yang ingin mengikuti SNMPTN 2021 wajib memiliki akun LTMPT. Akun ini nantinya digunakan untuk mendaftarkan diri ketika seleksi sudah dibuka.

Registrasi akun LTMPT dilakukan melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Data yang dibutuhkan untuk membuat akun adalah Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan tanggal lahir.

SNMPTN sendiri merupakan salah satu seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan nilai akademis. Jalur lainnya bisa melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dilakukan dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan seleksi mandiri.

Pada kesempatan ini juga Azhar kembali mengingatkan kepada pihak sekolah dan siswa untuk dapat mengikuti semua tahapan penerimaan mahasiswa baru ini melalui media resmi LTMPT untuk mendapatkan informasi yang benar dan jelas.

“Bagi sekolah dan siswa yang berkeinginan untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi melalui jalur SNMPTN, hendaknya jeli dan aktif untuk membaca informasi dari media yang resmi. Hal ini sangat diperlukan agar mempermudah dalam melakukan pendaftaran nantinya,” urai Azhar.

“Berikut rincian jadwal SNMPTN, tahapannya diawali dengan melakukan registrasi akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id pada 4 Januari sampai 1 Februari 2021 dan 7 sampai dengan 23 Februari 2021. Selanjutnya dilakukan penetapan peserta atau siswa yang eligible oleh sekolah pada 4 Januari sampai  8 Februari 2021. Sementara itu, sekolah dan siswa melakukan Pengisian Data Sekolah dan Siswa (PDSS) 11 Januari sampai 8 Februari 2021. Langkah selanjutnya adalah melakukan Pendaftaran masuk jalur SNMPTN pada 15 -24 Februari 2021”.

Media resmi untuk memperoleh informasi tentang penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN yang resmi, di antaranya yaitu Website : https://www.ltmpt.ac.id, Email : sekretariat@ltmpt.ac.id, Telpon : (021) 3104041-3104042, Call Center : 0804 1 450 450, HelpDesk : https://halo.ltmpt.ac.id, Twitter : @ltmptofficial, Instagram : @ltmptofficial, Facebook : LTMPT OFFICIAL, Youtube : LTMPT OFFICIAL. (wendi, ed: rion, foto: dok) ***

Sumber: humas universitas riau

Sumber: humas universitas riau

FOLLOW US ON:
Sistem Pembelajaran
UNRI Siap Sambut Per

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: