Friday, Dec 4, 2020
HomeBeritaKembangkan Literasi Kelas Awal, Dosen UNRI Terbitkan “Big Book”

Kembangkan Literasi Kelas Awal, Dosen UNRI Terbitkan “Big Book”

Kembangkan Literasi Kelas Awal, Dosen UNRI Terbitkan “Big Book” (Sumber: HUMAS Universitas Riau)

unri.ac.id Penggunaan Big Book sebagai media untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa di kelas awal masih jarang dilakukan oleh guru di Indonesia. Padahal media ini terbukti efektif meningkatkan kemampuan literasi siswa di kelas awal.

Dosen UNRI bekerja sama dengan Tanoto Foundation membuat Big Book yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran guru di kelas awal. Tim penulis Big Book ini terdiri atas Mahmud Alpusari, Eva Astuti Mulyani, Riki Apriyandi Putra dan Neni Hermita.

Ketua tim penulis, Mahmud Alpusari, menjelaskan tentang pentingnya menggunakan big book dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi siswa di kelas awal.

“Media Big Book adalah sebuah buku yang berisi gambar dan teks yang diperbesar dan memiliki alur cerita singkat serta kalimat yang jelas. Media ini sangat bermanfaat untuk membantu penyampaian materi agar siswa lebih mudah memahami dan semangat dalam belajar. Pembelajaran dengan Big Book ini menarik minat siswa kelas awal karena disertai gambar yang menarik dan warna yang cerah,” ujarnya saat dihubungi unrinews, Senin (16/11/2020).

Dia juga, menjelaskan big book ini sudah mendapatkan hak cipta (HAKI) sehingga bisa diproduksi secara massal dan digunakan oleh guru di seluruh Indonesia.

“Kami mengadakan penelitian tentang Big Book yang didanai DIPA Universitas Riau dari LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat-red) Universitas Riau. Big Book yang kami rancang, selanjutnya divalidasi dan dicetak. Sebelum dicetak kami melaksanakan proses HAKI dan ISBN Big Book.”

Selaras dengan Ketua Tim, Riki Apriyandi Putra yang juga merupakan Teacher Training Institute Specialist dari Tanoto Foundation, menyampaikan pentingnya guru berinovasi dalam pembelajaran terutama untuk kelas awal.

Big Book yang dihasilkan guru merupakan produk yang sangat kontekstual dengan kebutuhan pembelajaran di kelas rendah (awal-red). Sinergi antara kampus dengan sekolah sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Semoga sinergi ini terus berlanjut,” tuturnya.

Di tempat yang berbeda, Koordinator Tanoto Foundation Provinsi Riau, Dendi Satria Buana, mengungkapkan apresiasinya terhadap penerbitan big book yang diiniasi LPTK UNRI ini.

“Ini adalah terobosan besar yang dilakukan LPTK UNRI dalam perjalanannya menjadi service provider pendidikan di Provinsi Riau. Semoga dengan diterbitkannya Big Book ini, lebih memudahkan mahasiswa calon guru dalam memahami literasi di kelas awal, dan bagi guru, Big Book ini dapat dijadikan referensi dan motivasi agar mereka terbiasa merancang secara mandiri,” pungkasnya. (wendi. rls. foto: ist) ***

 

Kembangkan Literasi Kelas Awal, Dosen UNRI Terbitkan “Big Book” (Sumber: HUMAS Universitas Riau)

Kembangkan Literasi Kelas Awal, Dosen UNRI Terbitkan “Big Book” (Sumber: HUMAS Universitas Riau)

FOLLOW US ON:
Waspada Penyebaran P
Penerapan Inovasi da

wannovrinur@staff.unri.ac.id

Rate This Article: