Pelayanan yang Baik Akan Berpengaruh Terhadap Citra Kampus

unri.ac.id “Saat ini pelayanan terhadap publik di Universitas Riau (UR) akan terus kita evaluasi. Evaluasi ini adalah untuk mewujudkan peningkatan pelayanan agar ke depan bisa menjadi makin baik. Oleh karena itu, kita perlu membuat perubahan dan membuat Prosedur Operasional Standar (POS) terkait pelayanan publik dalam rangka pelayanan kepada kepada publik agar mendapat pelayanan dengan standar yang baik.” Demikian arahan yang disampaikan Prof Dr Sujianto MSc, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UR pada rapat pengarahan pimpinan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara dilingkungan UR.

Kegiatan pengarahan ini dilaksanakan di Aula serbaguna lantai IV Gedung Rektorat UR, Senin (22/5). Kegiatan ini merupakan rapat untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan civitas akademika UR untuk melaksanakan pelayanan kepada publik yang memiliki standar. “Kita akan terus berbenah terutama dalam bidang pelayanan, sesuai dengan revolusi mental demi perubahan budaya kerja yang ada. Kita sadari bahwa saat ini pelayanan terhadap publik memang belum begitu memuaskan, namun kita sudah melaksanakan perbaikan-perbaikan sistem pelayanan agar ke depan menjadi lebih baik,” tegas Sujianto.

Lebih lanjut Sujianto, menyampaikan dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh pimpinan UR saat ini melihat perlu adanya perhatian pada pelayanan terhadap mahasiswa, alumni, dan mitra UR. Selain itu, Sujianto juga memberi motivasi kepada karyawan dalam hal melayani. “Ke depan, persaingan antar kampus dalam hal kontribusi para alumni universitas sangat ketat sekali. Oleh sebab itu, mulai saat ini ASN UR sudah harus menerapkan budaya melayani dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada publik, sesuai dengan tugas dan pokok kerja masing-masing.”

Pada kesempatan tersebut, Prof Dr usman M Tang MS, Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPM) UR mengatakan suatu pelayanan yang dapat menyenangkan bagi orang lain akan dapat memberi citra positif bagi orang lain. “Hal ini sangat penting dengan perkembangan kampus yang telah maju dan berkembang seperti saat ini, mampu memahami kebutuhan pasar dengan kita melayani publik. Pelayanan yang baik kepada semua orang akan berpengaruh terhadap citra kampus ini, akan banyak yang bermanfaat ke depan.” Jelas Usman.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi penguatan wawasan kepada karyawan bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik kepada mahasiswa, dan masyarakat. “Kita sama-sama berharap, melalui pertemuan ini dapat menjadi momentum dalam melakukan perubahan ke arah yang lebih baik,” tutup usman.

Rapat pengarahan pimpinan UR ini dipimpin langsung oleh Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan, serta yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Alumni dan Kemahsiswaan, Ketua LPPMP UR, Pejabat yang ada di lingkungan UR, serta seluruh ASN di UR. (wendi) ***