Sunday, Oct 24, 2021
HomeBeritaMari Ciptakan LayananTerbaik!

Mari Ciptakan LayananTerbaik!

unri.ac.id Rektor Universitas Riau (UNRI) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, menyampaikan Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) dilaksanakan guna menyatukan persepsi civitas dalam merancang program prioritas yang mengacu pada Transformasi Pendidikan Tinggi melalui 8 indikator kinerja utama (IKU). Hal ini disampaikan Rektor dihadapan peserta Musrembang UNRI Tahun Penggaran 2022, Kamis (18/3/2021) secara Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Jaringan (Luring) di Hotel Labersa Grand Hotel and Convention Center Kampar Riau.

“IKU dimaksud di antaranya yaitu terkait dengan lulusan dalam memperoleh pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi mengajar di kampus, hasil kerja dosen digunakan masyarakat dan dapat merekognisi internasional, program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif dan program studi berstandar internasional. Unri selanjutnya akan terus berfokus meningkatkan kualitas lulusan, kualitas dosen dan pengajar dan kualitas kurikulum,” jelas Rektor.

Lebih lanjut, Rektor mengajak untuk fokus dan menyepakati bersama program prioritas kebutuhan yang akan menjadi bahan penyusunan dan pelaksanaan program kerja.”Tentunya kita fokuskan pada peningkatan mutu lulusan, kualitas dosen dan layanan akademik. Sehingga akan mendukung terwujudan visi UNRI menjadi universitas riset unggul bermartabat dibidang sains dan teknologi di kawasan Asia Tenggara tahun 2035, serta menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi Unri dalam pembangunan daerah dan nasional.”

Tambahnya, pendidik UNRI diharapkanmenjalankan tugasnya dengan baik. “Bagi para dosen, agar mampu melaksanakan Tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat serta diharapkan mampu memberikan pelayanan dengan baik, dengan cepat, dengan keakuratan, dan dengan kesopanan. Dosen menjalankan tugas negara yaitu memberikan pelayan kepada bangsa dan negara, yang satu memberikan pelayanan di bidang pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa, sedangkan yang lain memberikan pelayanan dalam rangka mensupport tugas-tugas utama dalam bidang pendidikan,” ungkapnya.

“Melalui konsep Merdeka Belajar, Kampus Merdeka arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), disebutkan memberikan ruang-ruang bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan potensi sesuai dengan apa yang dicita-citakan,” jelas Guru Besar Perikanan dan Kelautan ini menjelaskan.

Ada dua tujuan utama dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, yakni, pertama, bagaimana mengakselerasi inovasi di level pendidikan tinggi melalui pelaksanaan Triddarma Perguruan Tinggi. Kedua, bagaimana menyiapkan mahasiswa yang akan masuk dunia kerja agar sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.

Dosen sebagai penggerak dalam hal selalu belajar dan mau mencari lebih tahu jawaban dari seluruh pertanyaan mahasiswanya, daripada memberikan ceramah di kelas. Memiliki kebiasaan untuk terus mencari ilmu baru dan mencari pihak-pihak lain yang mampu mendukung pembelajaran mahasiswa di kelasnya. Selain itu, juga memiliki kebiasaan mengerjakan penelitian dengan melibatkan mahasiswanya guna memberikan mereka pengalaman yang bisa dirasakan langsung.

Lebih lanjut, pada Musrenbang ini, Rektor juga memberikan penghargaan kepada unit pelayanan Gerai LayananTerpadu (GLT) setiap fakultas dan unit. Ini merupakan bentuk dorongan kepada fakultas dan unit tetap harus meningkatkan pemberi layanan terpadu kepada masyarakat, serta melakukan peluncuran pangkalan data UNRI dan LKPS serta penyerahan buku panduan SOP (Standar Operasional Prosedur) kepada Rektor. (wendi. Ed: rion. foto: rizki) ***

Mari Ciptakan LayananTerbaik! (Sumber: HUMAS Universitas Riau)

Mari Ciptakan LayananTerbaik! (Sumber: HUMAS Universitas Riau)

Mari Ciptakan LayananTerbaik! (Sumber: HUMAS Universitas Riau)

Mari Ciptakan LayananTerbaik! (Sumber: HUMAS Universitas Riau)

Mari Ciptakan LayananTerbaik! (Sumber: HUMAS Universitas Riau)

Mari Ciptakan LayananTerbaik! (Sumber: HUMAS Universitas Riau)

Mari Ciptakan LayananTerbaik! (Sumber: HUMAS Universitas Riau)

Mari Ciptakan LayananTerbaik! (Sumber: HUMAS Universitas Riau)

FOLLOW US ON:
Hasil Kunjungan Dina
Tingkatkan Kualitas

wannovrinur@staff.unri.ac.id

Rate This Article: