Tuesday, Dec 7, 2021
HomeBerita28 Oktober 2021, UNRI Laksanakan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Ke-93  

28 Oktober 2021, UNRI Laksanakan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Ke-93  

unri.ac.id  “peringatan Sumpah Pemuda merupakan peringatan suatu ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. 

Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA Rektor Universitas Riau (UNRI), Rabu (27/10/2021) kepada redaksi, menyebutkan peringatan Sumpah Pemuda Ke-93 yang diperingati pada tanggal 28 Oktober 2021 ini, akan kita laksanakan dalam bentuk kegiatan Upacara bendera yang dihadiri oleh seluruh jajaran Pimpinan, serta jajaran pimpinan fakultas, unit, lembaga, Badan, Pusat serta BEM, DPM, Menwa, Pramuka, dan sejumlah undangan lainnya.

“Upacara peringatan Peringatan Sumpah Pemuda Ke-93 dengan tema “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh”menggambarkan spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia. Spirit lain yang dimaknai dalam tema ini adalah partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi COVID-19 dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan para pemuda,” terang Aras.

Sejarah Sumpah Pemuda berawal dari pendirian organisasi yang bersifat kedaerahan untuk melawan penjajahan yang ada di daerah. Beberapa organisasi kedaerahan yang didirikan pada waktu itu adalah Tri Koro Darmo yang berganti nama menjadi Jong Java, didirikan tahun 1915. Selain itu, didirikan pula Jong Soematranen Bond pada tahun 1917 dan Jong Islamieten Bond tahun 1924.

Para pemuda tersebut kemudian menyelenggarakan dua kali kongres. Kongres Perdana berlangsung pada tahun 1926 melahirkan Perhimpoenan Peladjar-Peladjar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggotakan pelajar dari seluruh Indonesia dan kongres kedua tahun 1928 melahirkan sumpah setia yang disebut ikrar Sumpah Pemuda, terangnya.

“Untuk memperingati Sumpah Pemuda ini, UNRI melaksanakan kegiatan upacara sesuai dengan Panduan Penyelenggaraan Peringatan Sumpah Pemuda Ke-93 Tahun 2021 yang disampaikan Kementerian Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Republik Indonesia,” jelas Aras.

Rektor UNRI, mengingatkan pada Kamis 28 Oktober 2021, pukul 07.45 WIB akan dilaksanakan Upacara Bendera Peringatan Sumpah Pemuda Ke-93 di halaman Gedung Rektorat Kampus Bina Widya UNRI Panam. “Saya menghimbau peserta upacara yang sudah mengetahui informasi tentang jadwal pelaksanaan Upacara, agar dapat menginformasikannya agar dapat hadir tepat waktu pada hari pelaksanaan nantinya.”

“Kepada jajaran Pimpinan, Koordinator dan Subkoordinator semua unit di lingkungan UNRI agar dapat hadir tepat pada waktunya dan memperhatikan perlengkapan upacara yang dibutuhkan, dengan mengenakan baju batik lengan panjang,” kata Rektor. (wendi. ed: rion. foto: dok) ***

sumber: humas universitas riau

sumber: humas universitas riau

FOLLOW US ON:
Latih dan Damping Ma
Peran Pemuda Saat in

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: