Sunday, Oct 24, 2021
HomeBeritaWawasan yang Harus Dikuasai Mahasiswa Menyikapi Kemajuan Pasar Teknologi Finansial

Wawasan yang Harus Dikuasai Mahasiswa Menyikapi Kemajuan Pasar Teknologi Finansial

unri.ac.id Perkembangan teknologi dengan berbagai inovasinya belakangan ini telah menyebar ke berbagai industri. Seperti industri media, film, musik, telekomunikasi, dan transportasi telah terdampak oleh kemajuan teknologi. Kini, sektor keuanganpun tak luput dari serbuan inovasi teknologi, bahkan sektor ini disebutkan sebagai sektor yang paling terdampak atas kemajuan teknologi.

“Siapa yang tidak memahami kemajuan teknologi informasi saat ini, maka dia akan ketinggalan disebabkan oleh kemajuan teknologi masa sekarang maupun masa depan yang disebut generasi milinial. Segala sesuatu aktivitas menggunakan gadget atau perangkat elektronik,” kata Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, pada pembukaan kegiatan penandatanganan nota kesepahaman dengan mitra dan Seminar Internasional “Financial Technology: It’s Implementation, Now and Future”, Rabu (4/4) di aula gedung lantai IV Gedung Rektorat Unri.

IMG_7799_

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_7790

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_7738

Sumber : HUMAS Universitas Riau

Lebih lanjut, Rektor, menyampaikan istilah Financial Technology (Fintech) atau Teknologi Finansial, menjadi satu topik yang hangat dibicarakan, baik di tingkat Nasional maupun global pada beberapa tahun ini mengalami peningkatan yang tajam.

Unri menyambut baik adanya kerjasama dengan beberapa mitra ini. “Momentum ini merupakan kesempatan yang baik bagi Unri dan mitra untuk menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan. Kerjasama ini hendaknya dapat terus berjalan dan dilanjutkan agar memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas dan untuk saling menunjang dalam melaksanakan pembangunan bangsa dan Negara,” ungkap Rektor.

IMG_7737

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_7889

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_7709

Sumber : HUMAS Universitas Riau

Kerjasama antara Unri dan mitra, nantinya juga dilaksanakan pada sektor penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan kelembagaan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang melibatkan civitas akademika Unri dan mitra. Mitra yang dimaksud diantaranya Paytren, Asosiasi Digital Enterprenuer Indonesia Riau (ADEI), MEXC Fintech Singapore, dan Blockhain Academy Asia,” jelas Aras.

“Terjalinnya kerjasama ini, diharapkan akan dilaksanakan dan memberikan perubahan yang membawa dampak positif bagi kinerja antara kedua belah pihak, serta dapat bersinergi lebih baik, khusus mahasiswa UNRI dapat mengimplementasikan teknologi yang telah didapatnya dari seminar ini,” jelas Guru Besar pada Bidang Perikanan dan Ilmu Kelautan Unri ini berharap.

IMG_7718

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_7727

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_7731

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_7734

Sumber : HUMAS Universitas Riau

Kreativitas dan inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini merambah ke berbagai bidang kehidupan manusia. Dari sisi bisnis inovasi TIK merasuk ke berbagai bidang industri untuk efisiensi dan mengambil kemajuan pasar, “ini diharapkan sebagai pendorong untuk mahasiswa agar lebih memahami kemajuan pasar saat ini dan menjadi salah satu penunjang kemajuan industri pasar teknologi financial kedepan,” tutup Aras.

Narasumber yang hadir pada kegiatan seminar internasional Financial Technology, Hari Prabowo SE CEO Paytren, Dr Dahliyusmanto SKom Msc Ketua Asosiasi Digital Enterprenuer Indonesia Riau (ADEI), Hisham Ismail CTO MEXC Fintech Singapore, Effendy Zulkifli CEO Blockhain Academy Asia, dan Dr Syapsan SE Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unri. (wendi.foto: rizki) ***

FOLLOW US ON:
Segera Daftarkan Dir
Prof Dr Adel Zamri M

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: