Wednesday, Sep 16, 2020
HomeBeritaUR Ikut Berpartisipasi pada Ritech Expo 2016

UR Ikut Berpartisipasi pada Ritech Expo 2016

unri.ac.id. Universitas Riau (UR), sebagai bagian dari inovasi bangsa yang terus memberikan sumbangsih berupa karya dan produk penelitian, ikut berpartisipasi dalam kegiatan Research, Innovation and Technology (Ritech) tahun 2016, yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia.

Ritech Expo yang dilaksanakan tanggal 10 s.d 13 Agustus 2016 di GOR Manahan, Surakarta ini, merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas), yang dirintis oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi saat itu, BJ Habibie, 21 tahun lalu.

Pameran teknologi dan inovasi ini secara resmi dibuka, ditandai dengan pemukulan gong oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani, dan didampingi oleh Menristekdikti, Mohamad Nasir. Hadir dalam acara pembukaan ini Rektor UR Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Syafrial MPd.

Berhubung pameran ini berkaitan dengan teknologi, maka pada pameran ini UR memamerkan produk dan hasil karya yang berkaitan dengan bidang teknologi, informasi dan komunikasi (TIK). Hal ini diungkapkan oleh salah seorang Dosen Fakultas Teknik UR, Dodi Sofyan Arief MT, yang juga ikut dalam pameran ini.

“Produk yang dipamerkan ini merupakan produk dan hasil karya penelitian dosen dan mahasiswa UR. Sebenarnya banyak produk dan penelitian yang ingin kita tampilkan pada pameran ini, seperti kenderaan amfibi, mobil listrik, sepeda motor lisrtik, robot dan sebagainya. Namun karena lokasi pameran yang cukup jauh dari Riau, maka produk-produk tersebut kita kemas dalam bentuk brosur dan poster saja,” ungkap Dodi.

Sementara produk yang bisa langsung diperagakan di lokasi pameran diantaranya Mesin CNC Milling, Mesin Copy Camshaft dan excavator. Selain produk tersebut, Universitas Riau juga menampilkan jurnal JOMAse of Mechanical and Aerospace. Jurnal ini merupakan jurnal internasional yang terbit setiap bulan melalui Fakultas Teknik Universitas Riau. Jurnal ini dapat diakses langsung di http://isomase.org/JOMAse4.php

Selama pameran berlangsung, stand UR ramai didatangi oleh para pengunjung yang ingin mendapatkan informasi tentang UR. Mulai dari melihat produk, sampai dengan ingin mengetahui lebih dalam tentang apa saja fakultas dan program studi yang ada di UR.

“Selain menampilkan produk penelitian, stand pameran UR juga memberikan informasi tentang Universitas Riau. Antusias pengunjung sangat bagus melihat hasil penelitian yang sudah dihasilkan oleh Universitas Riau,” jelas Rioni Imron, Kepala Subbagian Humas UR. (Mukmin/Rizki)***

FOLLOW US ON:
Petunjuk pembayaran
UR Berikan Wawasan I

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: