Thursday, Nov 14, 2019
HomeBeritaTingkatkan Pembelajaran, LPPMP Unri Adakan Pelatihan Pekerti-AA

Tingkatkan Pembelajaran, LPPMP Unri Adakan Pelatihan Pekerti-AA

unri.ac.id “Untuk mentransformasikan ilmu pengetahuan, tenaga pendidik dapat beradaptasi terhadap perkembangan zaman. Begitu pula dengan pola pembelajaran, tidak bisa lagi memakai pola yang lama, tenaga pendidik harus mampu mengikuti perkembangan teknologi sehingga mampu menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi. Tenaga pendidik juga berperan menginspirasi mahasiswa, bahkan keteladanan dan karakter.”

Demikian disampaikan Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA Rektor Universitas Riau (Unri) saat memberikan sambutan pada kegiatan Pelatihan Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional Applied Approach (Pekerti-AA) tahap IV, pada 4 November 2019 di Hotel Alpha Pekanbaru Riau. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta dari Unri, Universitas Islam Negeri (UIN) Susqa, Universitas Islam Riau (UIR), Universitas lancang Kuning (Unilak), Utusan dari Pemerintah Daerah Riau, Kejaksaaan Tinggi, dan tenaga pendidik lainnya.

“Peran tenaga pendidik dalam perguruan tinggi sangat penting dan strategis. Di era digitalisasi, seorang dosen dan guru harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi, bahkan memanfaatkan dunia maya. Dunia mayalah yang bisa lebih banyak dimanfaatkan. Saat ini, dalam proses pembelajaran rasio antara dosen dan mahasiswa sudah menjadi hal yang tidak begitu dipersoalkan lagi. Melalui perkembangan teknologi, proses pembelajaran dapat dilaksanakan di tempat kita masing-masing,” jelas Rektor.

Senada yang disampaikan Rektor Unri, tenaga pendidik adalah tenaga profesional yang berfungsi sebagai agent pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Dalam usaha mencapai fungsi tersebut itulah, Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Unri mengadakan Pelatihan Program Pekerti AA, kata Kepala LPPMP Unri Prof Dr Zulkarnain MM.

Prof Dr Hasnah Faizah AR Mhum, dalam laporannya menyampaikan Program Pekerti AA ini menjadi penting untuk meningkatkan profesionalisme tenaga kendidik, sebab kurikulum yang ditetapkan Dikti sejalan dengan amanat Undang-undang tentang guru dan dosen. Pada ketentuan itu dikatakan beban kerja dosen mencakup perencanaa, pelaksanaan proses, penilaian hasil, pembelajaran, pembimbingan dan pelatihan serta penelitian. Jadi Pekerti AA merupakan program pelatihan yang untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dosen. (rizki) ***

REKTOR UNRI MEMBERIKAN SAMBUTAN PADA KEGIATAN PEKERTI AA (Sumber: humas universitas riau)

 

FOLLOW US ON:
Point Penting Progra
Birokrasi Harus Lebi

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: