Sunday, Oct 24, 2021
HomeBeritaPKKMB UNRI Menjadi Momentum Penanaman Program Gerakan Nasional Revolusi Mental  

PKKMB UNRI Menjadi Momentum Penanaman Program Gerakan Nasional Revolusi Mental  

unri.ac.id Secara virtual atau daring (dalam jaringan), Rektor Universitas Riau (UNRI) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, secara simbolis menyerahkan 6.631 Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 kepada Dekan Fakultas masing-masing pada acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Riau Tahun Ajaran 2021/ 2022 yang dilaksanakan Senin-Jumat 9-14 Agustus 2021.

Lebih lanjut, Rektor UNRI, mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru. “Selamat datang dan selamat bergabung kepada mahasiswa baru di UNRI, Selamat atas keberhasilan mahasiswa yang telah lulus seleksi yang cukup ketat dari berbagai jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru di UNRI,” ucapnya secara vitual, Senin (9/8/2021).

Lebih lanjut, Guru Besar Bidang Ilmu Perikanan dan Kelautan ini, menyebutkan PKKMB menjadi gerbang untuk mahasiswa baru sebelum memasuki perkulian di Universitas Riau, memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, serta penggunaan sarana akademik yang tersedia di Universitas Riau secara maksimal.

“Ada empat agenda penting dalam rangkaian kegiatan PKKMB tahun 2021 ini, antara lain agenda penyerahan mahasiswa baru Universitas Riau Tahun Ajaran 2021/ 2022, diikuti penandatanganan kerja sama MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka-red) antar fakultas, kuliah umum, presentasi pembekalan atau kuliah umum, dan launching logo Milad UNRI ke-59 serta launching laboratorium Lontar,” jelas Rektor.

“Pelaksanaan serangkaian agenda dalam PKKMB ini adalah untuk menyiapkan mahasiswa baru dalam melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di UNRI,” tuturnya.

“Sejalan dengan panduan PKKMB yang telah ditetapkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendibudristek).  Program gerakan nasional revolusi mental yang diharapkan menciptakan Indonesia melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Terib, Indonesia Mandiri, dan Indonesia Bersatu,” jelas Aras.

“Dari point tersebut menjadi bekal awal agar mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran ahklak, cinta tanah air dan berdaya saing global. Oleh karenanya, PKKMB ini adalah bekal bagi Mahasiswa Baru UNRI tahun ini dalam menjalani kehidupan di Kampus ini,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNRI Prof Dr Iwantono MPhil, menyebutkan narasumber pada kegiatan PKKMB ini diantaranya yaitu Menteri Kemendibudristek Nadiem Anwar Makarim BA MBA, Wakapolri Komjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono MSi, Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia (RI) Setia Untung Arimuladi SH Mhum, Dirjen Dikti Prof Ir Nizam DIC PhD, Gubernur Riau Drs Syamsuar Msi, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH SIK Msi, Dandrem 031 Wirabima Brigjen TNI M Syech Ismed SE Mhan, Ketua DPRD Riau Yulisman Ssi, Ketua IKA UNRI Wan Muhammad Hasyim SE Ak, dan Direktur Jaringan dan Operasi PT Pengadaian Dr Damar Latri S SE MM.

“Para narasumber ini akan memberikan pemahaman akan kesadaran hidup berbangsa dan bernegara, memahami arti pentingnya pendidikan yang akan ditempuhnya dan pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa, serta memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktik Merdeka Belajar: Kampus Merdeka,” tutupnya. (wendi. foto: januardi) ***

sumber: humas universitas riau

sumber: humas universitas riau

FOLLOW US ON:
Pengumuman Perihal P
Pentingnya Kekuatan

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: