Sunday, Oct 24, 2021
HomeBeritaPersembahan Istimewa Tim Robotika UNRI Bagi Milad ke-59 UNRI: Raih Juara pada Divisi KRSBI wilayah I Kontes Robot Indonesia 2021

Persembahan Istimewa Tim Robotika UNRI Bagi Milad ke-59 UNRI: Raih Juara pada Divisi KRSBI wilayah I Kontes Robot Indonesia 2021

unri.ac.id Tim Robotik Universitas Riau (UNRI), berhasil meraih juara pada Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat wilayah I tahun 2021 divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-Beroda) yang dilaksanaan secara daring pada Sabtu (25/9/2021). Kompetisi ini diikuti 58 tim dari 140 perguruan tinggi yang berada di wilayah I.

Feri Candra ST MT PhD, selaku dosen pembina Tim Robotik UNRI saat dihubungi redaksi, Senin 27/9/2021), menyebutkan UNRI pada KRI tingkat wilayah I ini, mengikutsertakan sebanyak 2 divisi, yakni divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) dan divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-Beroda) yang termasuk di regional 1 yakni Provinsi Aceh hingga Provinsi Jawa Tengah.

“Pada KRI wilayah ini, UNRI mengikutsertakan sebanyak 2 Tim, yaitu Tim Robotik pada divisi KRSRI yang kita namai EROCLU yang diketuai oleh Tinto Pratama dari Program Studi (Prodi) Teknik Informatika bersama anggota yakni Ficky Galang (Teknik Informatika), Ivan Farian (Teknik Informatika), dan Rezky Setiawan (Teknik Elektro). Sementara untuk divisi KRSBI-Beroda dengan tim bernama BERTUAH-X21 diketuai oleh Abdul Sidik Aulia Saputra dari Prodi Teknik Elektro bersama anggota yakni Mochammad Farkhan (Teknik Informatika), Ibrahim Ahmad Rambe (Teknik Mesin), dan Danindra Rio Saputra (Teknik Mesin),” jelas dosen Teknik Informatika UNRI ini menguraikan.

“Melalui divisi KRSBI-Beroda Tim BERTUAH-X21 inilah, UNRI berhasil meraih juara ke-III dari sebanyak 23 peserta pada regional 1 ini. Selanjutnya Tim ini akan melanjutkan pertandingan ke tingkat Nasional pada 12-17 Oktober 2021 mendatang melawan tim dari regional 2 yakni Provinsi Indonesia bagian Timur. Selanutnya pada tingkat nasional nanti, juara 3 besar dari regional 1 dan 2 akan di adu kembali untuk mendapatkan juara terbaik di Indonesia,” terang Feri.

“Juara yang telah kita (UNRI-red) diraih ini tentunya merupakan persembahan istimewa dari Tim dan segenap Sivitas Akademika Fakultas Teknik bagi Milad ke-59 UNRI tahun ini. Tim Robotik UNRI merupakan satu-satunya perwakilan dari Provinsi Riau pada ajang Tahunan Robotik di Indonesia. Tim Robotik Universitas Riau ini diharapkan dapat menampilkan performa terbaiknya di kancah nasional untuk mengharumkan nama Provinsi Riau,” jelas dosen pembina Tim Robotik UNRI ini menguraikan.

Mengutip media online www.kompas.com Senin (27/9/2021), KRI tahun 2021 Universitas Gadjah Mada (UGM) dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara KRI tingkat wilayah sekaligus nasional. Pada tahun ini KRI mempertandingkan sebanyak enam divisi yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-Beroda), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI-Humanoid).

Direktur Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada (UGM) Suharyadi, menerangkan KRI wilayah I dilaksanakan selama dua hari pada 24 dan 25 September 2021 secara daring oleh tim peserta, dan selanjutnya melaksanakan penilaian secara luring (luar jaringan-red) terpusat di Gedung Graha Sabha Pramana (GSP) UGM.

Ketua Tim Juri KRI 2021, Prof Benyamin Kusumoputro, menerangkan setelah dilakukan lomba dan evaluasi, tim juri merekomendasikan tim yang dinyatakan sebagai pemenang Kontes Robot Indonesia (KRI) wilayah I tahun 2021 dalam enam divisi, satu dintaranya adalah Tim dari Universitas Riau.

KRI wilayah I diikuti 58 tim dari 140 perguruan tinggi dengan rincian 19 tim KRAI, 44 tim KRSRI, 24 tim KRTMI, 18 tim KRSTI, 25 tim KRSBI-Beroda, dan 9 tim KRSBI-Humanoid. Pada KRI Usai pelaksaaan KRI wilayah I selesai dilaksanakan, selanjutnya akan dilaksanakan KRI wilayah II mulai 26 hingga 28 September 2021.

“Pemenang dari KRI wilayah I dan wilayah II akan kembali bersaing memperebutkan gelar juara pada KRI Nasional yang akan dilaksanakan pada 12 hingga 17 Oktober 2021 mendatang,” terang Suharyadi seperti dikutip dari laman UGM, Minggu (26/9/2021). (mukmin. ed: rion. foto: ist) ***

sumber: Humas Universitas Riau

sumber: Humas Universitas Riau

sumber: Humas Universitas Riau

sumber: Humas Universitas Riau

sumber: Humas Universitas Riau

sumber: Humas Universitas Riau

sumber: Humas Universitas Riau

sumber: Humas Universitas Riau

FOLLOW US ON:
Kuesioner Survey Tin
Pemahaman Sama Cipta

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: