Sunday, Oct 24, 2021
HomeBeritaMemanfaatkan Pembelajaran Berbasis Digital Kepada Mahasiswa

Memanfaatkan Pembelajaran Berbasis Digital Kepada Mahasiswa

unri.ac.id Dalam rangka peningkatan pembelajaran kepada mahasiswa secara dalam jaringan (Daring), Universitas Riau (UNRI) melaksanakan pelatihan media pembelajaran berbasis digital melalui zoom meeting, Sabtu (26 Juni 2021).

Dr Afrianto Med selaku Ketua Pelaksana acara, menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari program bidang akademik dalam rangka memfasilitasi dosen dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran terutama selama pandemi Covid-19.

“Sebagaimana kita ketahui, selama pandemi Covid-19 dan perkembangan teknologi di mana saat ini sudah memasuki era 4.0 sitem pembelajaran tidak banyak pilihan dilakukan untuk melaksanakan tatap muka digantikan secara daring, oleh sebab itu dosen perlu menambah tampilan pembalajaran secara daring dengan memvariasikan pembelajaran secara video dan daring yang menarik,” ungkapnya.

Sebanyak lebih kurang 80 orang dosen dari berbagai Program Studi (Prodi) yang ada di UNRI mengikuti pelatihan ini serta dua orang pemateri antara lain, Nita Rimayanti M Comm Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNRI menyampaikan materi tentang prinsip dasar pembuatan media pembelajaran digital dan Hendra Taufik ST MSc Dosen Fakultas Teknik UNRI menyampaikan materi teknik perekaman video pembelajaran.

Wakil Rektor Bidang Akademis Prof Dr M Nur Mustafa yang diwakili Staf Ahli Bidang Akademik Dra Yenita Roza PhD menuturkan  inovasi Pendidikan di era revolusi industri 4.0 gencar dilakukan oleh setiap jenjang pendidikan untuk menghasilkan kualitas lulusan yang mumpuni di era milenial seperti sekarang ini. Penataan di segala komponen pendidikan dilakukan dan dikaji ulang untuk menyesuaikan Sumber Daya Manusia yang melek teknologi, termasuk penataan polapikir, sikap, dan ketrampilan.

Tantangan dan kebutuhan zaman seperti itu, mendorong Pendidik UNRI untuk ikut andil dalam penataan SDM yang unggul dan melek teknologi, yakni dengan mengadakan pelatihan media pembelajaran berbasis digital.

Pelatihan ini merupakan bentuk perhatian dan perwujudan untuk menghasilkan mutu dan kualitas lulusan serta sistem pembelajaran terbaru  yang diharapkan oleh bangsa dan negara, tentu media digital memiliki andil yang besar dalam pencapaian tujuan pembelajaran, maka dari itu upaya yang dilakukan ialah mengenalkan sistem atau model terbaru yang unik untuk meningkatkan gairah pembelajaran dalam kelas secara daring, tutupnya. (wendi. ed: rion. foto: repro) ***

sumber: humas universitas riau

sumber: humas universitas riau

sumber: humas universitas riau

FOLLOW US ON:
UNRI-INHIL Siap Memp
Hasil Ujian Tulis Ja

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: