Monday, Apr 12, 2021
HomeBeritaHadirkan Iklim Baru dalam Birokrasi  

Hadirkan Iklim Baru dalam Birokrasi  

unri.ac.id Universitas Riau (UNRI) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penyetaraan Jabatan Struktural ke Jabatan Struktural Tertentu bagi pejabat di lingkungan UNRI. Kegiatan ini ditaja oleh Bidang Umum dan Keuangan UNRI sebagai penguatan jabatan fungsional untuk mendukung penyederhanaan birokrasi yang telah menjadi amanat dari Presiden Republik Indonesia, Selasa (24/11/2020) di Royal Asnof Hotel Pekanbaru.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNRI, Prof Dr Sujianto MSi dalam sambutannya, menyampaikan orientasi penyederhanaan birokrasi bukanlah terletak pada pemangkasan level jabatan, namun pada tujuan yang ingin dicapai untuk menghadirkan iklim baru birokrasi. “Proses ini sudah lama keluar, dan saat ini tengah diproses melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).”

“Perubahan posisi dan status ini, secara tidak langsung akan merubah perilaku budaya kerja. Langkah penyetaraan jabatan ini harus bisa menjawab tercapainya tujuan birokrasi yang ideal dilakukan  dengan secara fungsional, fleksibel, dan efektif,” jelas Guru Besar Bidang Administrasi ini menjelaskan.

Menurutnya, implementasi kebijakan ini sedikit banyaknya akan mengubah budaya struktural kerja yang berdasarkan perintah menjadi budaya kerja yang berkreatifitas dalam bekerja, berintegritas, beretika, berpikir strategis, berkolaborasi, berkeputusan tegas, berinovasi.

“Dalam proses ini tentu banyak kejutan yang akan dihadapi dalam dunia kerja maka kita harus kreatif salama bekerja, perubahan budaya kerja berubah dan perubahan jabatan juga berubah,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemdikbud Dra Dyah Ismayanti MEd, menyampaikan akhir tahun ini semua jabatan struktural yang ada sudah harus dilantik ke jabatan fungsional.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya dalam birokrasi adalah mengembangkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berintegritas, beretika, berpikir strategis, berkolaborasi, berkeputusan tegas, berinovasi, dan bekerja secara tuntas.

Dalam sosialisasi ini, selain Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemdikbud yang bertindak selaku narasumber, juga diantaranya Drs Suharto Lasmono MPd selaku Analis Kepegawaian Madya Biro SDM Kemdikbud, Winarti SSi selaku Analis Kepegawaian Muda Biro SDM Kemdikbud. (wendi. foto: rizki. roger) ***

sumber: humas universitas riau

sumber: humas universitas riau

FOLLOW US ON:
Penerapan Inovasi da
PENGUMUMAN PENERIMA

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: