Tuesday, Sep 28, 2021
HomeBeritaUR Selenggarakan Pelatihan Kalibrasi. Yanuar: Laboratorium Ujung Tombak Universitas Riset

UR Selenggarakan Pelatihan Kalibrasi. Yanuar: Laboratorium Ujung Tombak Universitas Riset

www.unri.ac.id – Laboratorium (Lab) merupakan salah satu penunjang dalam pelaksanaan kegiatan akademik. Lab tidak hanya sebagai tempat dan sarana pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang dipelajarinya, tetapi juga merupakan tempat pengembangan keilmuan melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Agar penelitian atau produk yang dihasilkan dari sebuah laboratorium ini terjamin, maka selain perlu sumberdaya ahli yang handal dalam pengelolahan Lab, juga membutuhkan peralatan Lab yang telah memenuhi standar yang telah ditentukan. Hal inilah yang menjadi alasan Universitas Riau (UR) menyelenggaran Pelatihan Kalibrasi untuk Asistan Lab yang ada di Lingkungan UR, Jumat-Minggu (8-10/11) lalu.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang DPH Fakultas Teknik UR ini dibuka oleh Pembantu Rektor II Dr Yanuar MSi. Dalam sambutannya, Yanuar sangat mendukung terlaksanannya pelatihan seperti ini. “Pelatihan seperti ini sangat penting dilakukan. Universitas Riset ujung tombaknya adalah Lab, maka dari itu peralatan yang ada di Lab perlu dikalibrasi agar standardisasi dan mutu tetap terjamin,” jelasnya.

Pembantu Rektor II DR. Yanuar M.Si meberikan sambutan pada Pelatihan Kalibrasi untuk Asistan Lab yang ada di Lingkungan UR

Pembantu Rektor II DR. Yanuar M.Si meberikan sambutan pada Pelatihan Kalibrasi untuk Asistan Lab yang ada di Lingkungan UR

Lebih lanjut, sebuah Lab baru bisa diajukan akreditasinya ke Komite Akreditasi Nasional (KAN) jika syarat-syarat pengajuan telah terpenuhi. Syarat pengajuan akreditasi Lab  itu diantaranya pengelola Lab harus sudah tersertifikasi, dan peralatan Lab sudah dikalibrasi. Hal ini disampaikan Ketua Panitia, Dodi Sofyan Arif ST MT disela-sela acara.

“Kalau ingin Lab kita terakreditasi, maka salah satu syaratnya yakninya dengan menstandarkan kembali alat-alat yang ada di Lab, contohnya alat ukur, alat uji dan alat inspeksi. Maka pada pelatihan ini, para Asistan Lab akan diberi pendidikan bagaimana cara mengkalibrasi alat-alat pada masing-masing Lab yang mereka kelola,” ungkap Dodi.

Pelatihan yatng berlangsung selama tiga hari ini menghadirkan dua orang pemateri, yakninya Tato B dan Aji MS. Hadir dalam acara pembukaan Pelatihan ini Pembantu Rektor II Dr Yanuar MSi, Wakil Dekan II Fakultas Teknik UR Suwitno ST MT, dan Wakil Dekan III Fakultas Teknik M Dalil MT. **(Mukmin-Humas UR/ Hizra – BPTIK UR)

FOLLOW US ON:
Seminar Nasional dan
UR Jalin Kerjasama d

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: