Tuesday, Dec 7, 2021
HomeBeritaRektor UR: Tingkatkan Iman di Bulan Ramadhan

Rektor UR: Tingkatkan Iman di Bulan Ramadhan

unri.ac.id. Memasuki minggu kedua bulan Ramadhan pada hari kesembilan, Selasa (14/6), Rektor Universitas Riau (UR), Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, menyampaikan tausiyah agama setelah melaksanakan shalat zuhur berjamaah di Mushalla As-Siraj Komplek Gedung Rektorat UR.

Pada kesempatan itu, Aras mengangkat tema tausiyah dari yang tersebut dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 30, yang artinya “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka (malaikat) berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”.

Berangkat dari ayat tersebut, Aras menyampaikan, “seperti yang kita lihat sekarang, apa yang tertuang dalam Al-Quran itu benar adanya, manusia itu cenderung suka bertengkar, berselisih, berdarah-darah, mengurus urusan orang lain dan lupa mengurus diri sendiri.”

“Berdasarkan itu, apa hubungannya dengan Ramadhan? Seperti yang kita ketahui, Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat, dan bulan pendidikan, terutama pendidikan iman, karena pada dasarnya iman itulah yang akan menentukan diri kita. Dalam bulan Ramadhan, kita dituntut untuk memperbaiki iman kita, agar kebaikan dalam diri kita menjadi dominan dan sifat yang kurang baik itu bisa diminimalisir”, ungkap Aras.

“Oleh karenanya, marilah kita perkuat iman yang ada dalam diri kita, sehingga kita menjadi orang yang bertaqwa sesuai dengan apa yang ada dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183. Semoga menjadi pelajaran bagi kita semua,” tutup Aras. (rabit/nurfatihayati) ***

FOLLOW US ON:
Perguruan Tinggi Mem
Saling Bersinergi da

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: