Tuesday, Jul 27, 2021
HomeBeritaPUSBANGDIK UR TAJA TES TOEP DAN TKDA UNTUK PARA DOSEN PENGUSUL NIDN

PUSBANGDIK UR TAJA TES TOEP DAN TKDA UNTUK PARA DOSEN PENGUSUL NIDN

Dalam rangka pengusulan untuk mendapatkan NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) tahun 2014, Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) Pusat menetapkan 23 PLT Penyelenggara TES TOEP dan TES TKDA, salah satunya adalah Universitas Riau. Melalui Pusat Pengembangan Pendidikan (Pusbangdik), UR menaja dua buah tes yakni Test of English Proficiency (TOEP) dan Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA) yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 22 Februari 2014. Tes yang dilakasanakan tersebut berbentuk online test, dilangsungkan dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 12.30 WIB, bertempat di Ruang Melati Pusat Komputer Universitas Riau.

Jumlah peserta tes kali ini sebanyak 23 orang yang berasal dari 10 Perguruan Tinggi Swasta wilayah Riau dan Kepulauan Riau, yakni masing-masing 1 orang dosen dari AMIK Mitra Gama, STIKES Al-Insyirah Pekanbaru, STIKES Tuanku Tambusai, Universitas Terbuka dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah, 3 orang dosen dari Politeknik Negeri Bengkalis, masing-masing 2 orang dosen dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Payung Negeri dan STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai,  STAI Nurul Falah Airmolek mengirimkan 4 orang dosen, dan Universitas Pasir Pangaraian mengirimkan 7 orang dosen.

 

pusbangdik 2

Peserta TOEP dan TKDA tengah serius mengikuti rangkaian tes yang ditaja oleh Pusbangdik UR (foto: dok Pusbangdik UR)

 

pusbangdik 3

Soal TOEP dan TKDA berbentuk online test yang didapat dari Pusat Layanan Tes Indonesia, tes yang dilaksanakan di UR mengambil tempat di Pusat Komputer UR (foto: dok Pusbangdik UR)

PLTI merupakan Pusat Layanan Tes Indonesia yang melayani kepentingan bangsa dalam hal tes kemahiran bahasa Inggris dan kemampuan dasar akademik. Pada saat ini PLTI didukung oleh dua organisasi profesi tingkat nasional, yaitu TEFLIN (Asosiasi Pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia) dan HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia). TEFLIN bertanggung jawab atas TOEP (Test of English Proficiency), sedangkan HIMPSI atas TKDA (Tes Kemampuan Dasar Akademik).

 

pusbangdik 1

Gunawan Tabrani selaku penanggung jawab acara TOEP dan TKDA disela-sela acara (foto: dok Pusbangdik UR)

Disela-sela acara, Ir. Gunawan Tabrani, M.Si selaku Kepala Pusbangdik UR dan penaja acara menjelaskan bahwa PLTI melayani tes kemahiran bahasa Inggris dan kemampuan dasar akademik untuk tes dosen pengusul NIDN kali ini.

“Tes ini ditargetkan untuk para dosen pengusul Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), kelompok dosen peserta Serdos, kelompok dosen pencari biasiswa, dan kelompok calon dosen, serta kelompok anggota masyarakat lainnya. Sangat penting dan kami berharap para dosen yang mengikuti tes hari ini bisa sukses mendapatkan nilai yang tinggi.” harap Gunawan. **(Hizra BPTIK UR)

FOLLOW US ON:
Lowongan Kerja Marke
UR Launching TV Kamp

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: