Peluang Emas; Unri ikuti Educational Tour OceanX untuk Tingkatkan Riset Kelautan

Unrinews. Universitas Riau (Unri) berkesempatan mengikuti kegiatan tour pendidikan kapal OceanX melalui fasilitas yang disediakan oleh Tanoto Foundation, 9 Juli 2024 yang berada di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

OceanX (OceanXplorer), merupakan salah satu kapal riset kelautan tercanggih di dunia. Kapal ini memiliki peralatan dan sarana untuk  survei laut dalam dengan menggunakan Remotely Operated Vehicle (ROV) dan penyelaman kapal submersible, survei laut dangkal dan dalam menggunakan sistem Baited-Remote Underwater Video (BRUV), hingga survei udara dari helicopter. Disamping itu, juga dilengkapi dengan lab basah dan kering untuk memudahkan peneliti dalam menganalis data yang ambil secara langsung di kapal Ocean X.

Unri bergabung dengan Universitas lain, seperti Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Indonesia (UI) pada kegiatan tour pendidikan kapal OceanX ini.

Delegasi Unri langsung di komandoi Wakil Rektor bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem informasi Dr Ir Sofyan Husein Siregar, MPhil didampingi Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Prof Dr Ir Rifardi, MSc, serta tiga orang mahasiswa Unri, Egi Erlangga dari Fakultas Teknik, Muhamad Rifqi Yafiq dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Zulkifli Fradinata dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Menurut Sofyan, Kegiatan ini sangat penting bagi Unri untuk meningkatkan kegiatan riset yang berhubungan dengan penelitian bidang kelautan dan perikanan. Untuk menjaga keamanan dan keselamatan peserta, Tour ini dibagi dalam beberapa kelompok sehingga kunjungan ke fasilitas pada Kapal Riset OceanX dan diskusi dengan para ahli peneliti maupun teknisi berjalan dengan lancar dan efektif. Tur di mulai diskusi dengan kapten kapal yang menjelaskan secara komprehensip tentang Kapal OceanX. Selanjutnya meninjau ke fasilitas Sarana Riset  yang ada pada Kapal OceanX.

Rifardi juga menambahkan Unri sangat mungkin terlibat dalam kegiatan penelitan yang melibatkan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan riset karena Unri memiliki sumberdaya dosen dengan keahlian dibidang kelautan.

Dengan sangat antusias, Rifardi menyampaikan akan mensosialisasikan ke dosen khususnya Fakultas Perikanan dan Kelautan untuk mengajajukan proposal melalui Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Kementerian Kordinator Maritim dan Investasi (Kemenkomarves) dan Tanoto Foundation sebagai mitra dari Kapal OceanX di Indonesia dan harapannya Unri dapat bergabung dalam projek riset di tahun depan. (rls)***

Peluang Emas Unri ikuti Educational Tour OceanX untuk Tingkatkan Riset Kelautan
Peluang Emas Unri ikuti Educational Tour OceanX untuk Tingkatkan Riset Kelautan
Peluang Emas Unri ikuti Educational Tour OceanX untuk Tingkatkan Riset Kelautan
Peluang Emas Unri ikuti Educational Tour OceanX untuk Tingkatkan Riset Kelautan