Thursday, Jul 9, 2020
HomeBeritaLanjutkan Peran Pencegahan Covid-19 Di Tengah Masyarakat

Lanjutkan Peran Pencegahan Covid-19 Di Tengah Masyarakat

unri.ac.id Relawan Covid-19 Universitas Riau (UNRI) bekerja sama dengan Persatuan Masyarakat Riau Jakarta (PMRJ), Selasa (19/5/2020) menyerahkan dua unit stasiun pencuci tangan (handwhaser station) ke masyarakat di lingkungan Masjid Al-Muqaddis Pasar Dupa dan Pasar Cik Puan Pekanbaru.

Ir Agus Ika Putra Dipl Eng Mphil, selaku penanggungjawab dan perancang alat cuci tangan ini, menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk membantu masyarakat khususnya yang masih terpaksa harus ke pasar di tengah wabah Covid-19 dan kebijakan PSBB yang sedang diberlakukan di Kota Pekanbaru.

“Kami berharap, bantuan dua unit handwasher station yang kami produksi sendiri di UNRI dapat menambah fasilitas tempat cuci tangan di pasar-pasar tradisional di Kota Pekanbaru, dan yang penting juga sebagai sarana edukasi bagi masyarakat untuk membiasakan cuci tangan sesering mungkin, setiap kali beraktifitas,” ujarnya.

Agus, menyampaikan handwasher station  dapat mengeluarkan air melalui kran dan sabun cair yang menggunakan dua pedal kaki terpisah. Jadi masyarakat dapat menggunakan handwasher station ini tanpa harus memegang tuas kran dan tempat sabun cair yang mungkin tidak steril.

Pembuatan alat handwasher station ini, merupakan hasil dari kerja sama UNRI dengan paguyuban keluarga perantau asal Riau di Jakarta yang tergabung dalam Persatuan Masyarakat Riau Jakarta (PMRJ). Dengan pembuatan alat ini diharapkan pandemi Covid-19 yang sudah menjadi bencana nasional ini, bisa ditahan penyebarannya melalui penggunaan alat pembersih tangan ini.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof Dr Iwantono M Phil selaku Ketua Tim Satgas UNRI, mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu masyarakat khususnya yang masih terpaksa harus ke pasar di tengah wabah Covid-19 dan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang sedang diberlakukan di Kota Pekanbaru. Alat ini juga diharapkan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat untuk membiasakan cuci tangan sesering mungkin. “Upaya ini sebagai salah satu cara mencegah penularan virus Covid-19,” ujarnya.

Hamdani SIP Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru, menyambut baik inovasi yang dihasilkan oleh UNRI bekerja sama dengan PMRJ sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 di tengah masyarakat.

“Kepada seluruh pihak agar dapat berperan aktif dalam pencegahan penyebaran corona dengan tetap mematuhi imbauan pemerintah khususnya dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker, dan tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Kemudian kami juga mengucapkan ucapkan terima kasih yang setingi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan dukungannya dalam berkolaborasi hingga saat ini, semoga sinergi ini tetap berlanjut,” tuturnya.

Edy Usman, tokoh masyarakat Masjid Al-Muqaddis Pasar Dupa RW 17 Kelurahan Tangkerang Tengah Pekanbaru, menyambut baik penyerahan handwhaser station ini. “Kami berterimakasih kepada UNRI yang peduli kepada pedagang dan pembeli dan sekitar pasar, Insya Allah bantuan ini akan kami manfaatkan sebaik mungkin”. (wendi. foto: januardi) ***

 

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Lanjutkan Peran Pencegahan Covid-19 Di Tengah Masyarakat (Sumber: HUMAS Universitas Riau)

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Lanjutkan Peran Pencegahan Covid-19 Di Tengah Masyarakat (Sumber: HUMAS Universitas Riau)

FOLLOW US ON:
Pengembangan Diri Ba
Segera Masuk PTN Mel

wannovrinur@staff.unri.ac.id

Rate This Article: