Kurikulum Harus Mengikuti Perkembangan Zaman

unri.ac.id Keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan pendidikan serta menjadi lulusan yang berkualitas, menjadi tolok ukur keberhasilan Perguruan Tinggi dalam melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran. Satu diantara inti keberhasilan pendidikan ini tergantung dari kemampuan tenaga pendidik dalam menjalankan kurikulum pendidikan pada masing-masing program studi. Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Riau (Unri) Prof Dr Ir Thamrin MSc, saat membuka acara Workshop Penguatan dan Penataan Ulang Kurikulum di Lingkungan Universitas Riau, Selasa (5/6) di Aula Serbaguna Gedung Rektorat Unri.

6

Sumber: HUMAS Universitas Riau

5

Sumber: HUMAS Universitas Riau

“Dengan adanya Workshop ini, diharapkan dapat memberikan motivasi bagi kita untuk mengoptimalkan kerangka pengembangan dan peningkatan mutu kurikulum untuk peningkatan mutu pembelajaran mahasiswa dan mutu lulusan pendidikan tinggi. Oleh sebab itulah, kegiatan ini sangat bermanfaat dalam memberikan pemantapan wawasan bagi universitas untuk menyusun kurikulum yang sejalan dengan Peraturan yang berlaku,” terang Thamrin.

Kegiatan penguatan kurikulum ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Ketua Jurusan, Koordinator Program Studi, dan Operator Transkip Nilai pada masing-masing fakultas yang ada di lingkungan Unri. Pada Workshop ini, Unri menghadirkan Narasumber dari Universitas Sriwijaya Effendi Namawi MSi, ahli nomenklatur.

4

Sumber: HUMAS Universitas Riau

3

Sumber: HUMAS Universitas Riau

2

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Effendi, selaku narasumber dalam Workshop ini, menjelaskan Kemenristekdikti selalu mendorong perguruan tinggi untuk senantiasa memperbaharui kurikulumnya, dengan tetap mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan Tinggi sesuai Permenristekdikti Nomor 44 tahun 2015.

12

Sumber: HUMAS Universitas Riau

10

Sumber: HUMAS Universitas Riau

11

Sumber: HUMAS Universitas Riau

“Kurikulum Pendidikan Tinggi ini dikembangkan oleh setiap Perguruan Tinggi, namun harus mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk setiap Program Studi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan. Kurikulum pendidikan tinggi ini, harus dikembangkan secara terus menerus karena kurikulum itu bersifat dinamis. Artinya, kurikulum harus mampu menjawab tantangan, senantiasa adaptif dan kontekstual sesuai dengan perkembangan yang ada,” lanjut Effendi.

 8

Sumber: HUMAS Universitas Riau

7

Sumber: HUMAS Universitas Riau

9

Sumber: HUMAS Universitas Riau

“Sejalan dengan revolusi industri 4.0 sebagaimana yang disampaikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) dalam berbagai kesempatan, pembelajaran di perguruan tinggi seharusnya sudah mulai mengembangkan sistem perkuliahan berkonsep e-learning atau berbasis teknologi informasi. Hal ini penting, agar sejalan dengan laju perkembangan teknologi saat ini,” tambahnya lagi.***