Friday, Jul 3, 2020
HomeBeritaIni Langkah UNRI-PT PLN Wujudkan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka”  

Ini Langkah UNRI-PT PLN Wujudkan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka”  

unri.ac.id Keberhasilan sebuah perusahan, diantaranya berkenaan dengan Sumber Daya Manusia (SDM). Meningkatnya kualitas SDM suatu perusahaan, maka berjalanlah dengan baik perusahaan tersebut. Hal ini disampaikan Rahmat Dian Amir ST, Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengendalian pembangkitan (UPDK) Pekanbaru melalui virtual streaming pada acara penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) PT PLN (Persero) UPDK Pekanbaru dengan Fakultas Teknik Universitas Riau (FT-Unri).

Lebih lanjut, Rahmat, menyampaikan kualitas SDM ini terciptanya dari dunia pendidikan, maka keberhasilan SDM tidak terlepas dari dunia pendidikan terutama penyelenggara pendidikan tinggi dalam menciptakan SDM yang paham dengan pendidikan teknologi.

Senada dengan hal itu, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA dalam penyampaiannya melalui virtual streaming, menyampaikan peran Perguruan Tinggi menghasilkan SDM yang unggul dan paham ilmu serta teknologi. Kerja sama ini merupakan satu misi kita bersama dalam menghasilkan SDM yang unggul serta miningkatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

“Perguran tinggi dituntut untuk mengimplementasikan kerja sama antara universitas dengan dunia usaha, yaitu sejalan dengan kebijakan yang sudah ditetapkan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud-RI) melalui pencanangan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka,” jelas Aras.

“Pada konsep kebijakan ini, Perguruan Tinggi yang berakreditasi “A” diberikan otonom untuk mendirikan Program Studi (Prodi-red) yang dibutuhkan dengan persaratan kerja sama dengan Perguruan Tinggi yang memiliki QS rangking baik dilevel nasional dan bekerja sama dengan perusahan baik multi nasional maupun BUMN (Badan Usaha Milik Negara-red). Oleh karena itu, amanat yang juga harus dilaksanakan UNRI adalah meng-upgrade Prodi Diploma Tiga (D-III) ke Diploma Empat (D-IV) yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Pada kesempatan itu, Dr Ir Ari Sandhyavitri MSc, Dekan Fakultas Teknik UNRI, menyampaikan penguatan SDM yang akan dilakukan oleh FT adalah membangun Prodi D-IV, Program Magister Strata Dua (S-2) dan Doktoral Strata Tiga (S-3) di lingkungan FT Unri. Penguatan ini dapat menciptakan tenaga SDM yang ber-skill yang dapat menggerakkan industri yang ada di tanah air dari adanya kerja sama ini.

Tanbahnya, dalam rangka mengimplementasikan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” inilah, kita beker jasama dengan perusahaan listrik milik negara untuk membuat Program Studi yang dapat menciptakan SDM yang ber-skill, terampil pada di bidang keilmuanya.”

Adapun ruang lingkup kerja sama ini, antara lain pemanfaatan sarana dan prasarana laboratorium FT UNRI, pembukaan Program D-IV Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil dan Teknik Kimia FT UNRI. Selain itu juga untuk pembukaan Program Studi S-2 dan S-3 di lingkungan FT UNRI, penyediaan jasa konsultasi dan kajian bidang pemeliharaan pembangkitan, jasa konsultansi dan kajian bidang engineering pembangkitan.

Selain itu, kita juga akan menyediakan jasa konsultasi di bidang Teknik Sipil dan Rancang Design, jasa konsultasi bidang Teknik Informatika, jasa konsultasi bidang Teknik Lingkungan dan Teknik Kimia, Jasa Riset Pengembangan Mobil Listrik, joint riset dan penerbitan jurnal bidang operasi dan pemeliharaan pembangkitan, joint kegiatan pengembangan sumber daya manusia melalui pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan, magang industri, pendidikan dan pelatihan, sharing knowledge, dan kuliah umum sebagai narasumber atau praktisi, serta membantu menyediakan literature terkait bidang pembangkitan listrik.

Penandatanganan MoA antara PT PLN (Persero) UPDK Pekanbaru FT UNRI ini, laksanakan secara live streaming di ruangan pertemuan Program Studi Pulp dan Kertas FT UNRI Kampus Bina Widya, Jumat (12/6/2020). (wendi. foto: mukmin. januardi) ***

Sumber: humas universitas riau

Sumber: humas universitas riau

Sumber: humas universitas riau

Sumber: humas universitas riau

Sumber: humas universitas riau

FOLLOW US ON:
Bedah Panduan SIMKAT
Profil Dewan Pengawa

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: