SARJANA ILMU ADMINITRASI PUBLIK

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Program Sarjana Ilmu Adminitrasi Publik Program Sarjana

Penyelenggaraan pendidikan pada Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau Pekanbaru adalah merupakan sub sistem dari penyelenggaraan pendidikan tinggi di Universitas Riau. Dimana Program Studi Ilmu Administrasi Publik merupakan cikal bakal berdirinya Universitas Riau. Pada mulanya Program Studi Ilmu Administrasi Publik ini berawal dari nama Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Universitas Riau No. 02/KPTS/Jur/1962 tanggal 25 September 1962. Kemudian diperkuat oleh Surat Menteri PTIP (Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan), Nomor : 123 Tahun 1963 Tanggal 20 September 1963.

Awal mula berdirinya Universitas Riau terdiri dari 2 Fakultas, yaitu Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan (FKK) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP). Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 39 Tahun 1983 dan Surat Keputusan Mendikbud No. 0428/0/1992 Tanggal 18 November 1992 Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan (FKK) berubah menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau Pekanbaru, dimana Jurusan Ketatanegaran berubah menjadi Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Sedangkan Jurusan Ketataniagaan berubah menjadi Program Studi Administrasi Niaga. Sesuai dengan arah tuntutan perubahan, Program Studi Ilmu Administrasi Publik sesuai dengan disiplin ilmu yang diembannya berupaya memantapkan diri sesuai dengan tuntuntan pekembangan daerah mengembangkan empat konsentrasi, yaitu : 1)  Konsentrasi Kebijakan Publik, 2) Konsentrasi Administrasi Pembangunan, 3) Konsentrasi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan 4) Konsentrasi Organisasi. Pada tahun 2016 Program Studi Ilmu Administrasi Publik meraih predikat akreditasi Sangat Baik (A).

Peluang Karier

Pendaftaran & Seleksi

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Riau untuk Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) diselenggarakan melalui lima pola seleksi yaitu: Computer Based Test (CBT), Seleksi Berbasis Rapor (Siber), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA), Penelusuran Pemimpin Muda (PPM), PMB Bersama.
Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNRI dapat dilihat di situs web

pmb.unri.ac.id

Perkiraan Biaya Studi

Tabel perkiraan biaya studi memuat informasi perkiraan komponen biaya pendidikan dengan catatan sebagai berikut:
Perkiraan biaya minimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma terendah pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.
Perkiraan biaya maksimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma tertinggi pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.
Nilai Catur Darma yang tercantum pada tabel tidak berlaku bagi pendaftar yang mengambil jalur seleksi Siber FK Mandiri dan CBT From Home FK Mandiri.
Prediksi Masa Studi Non Eksakta 3,5 tahun dan Eksakta 4 tahun.
Uang Kuliah (Tetap dan Variable) dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali.
Untuk Program Studi Sarjana (S1), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya KKN, Skripsi, Pendadaran.
Untuk Program Studi Diploma (D3), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya Tugas Akhir, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL.
Khusus untuk Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Dokter, perkiraan biaya kuliah belum termasuk tarif KKN, Skripsi, Pendadaran, dan Biaya Tahap Pendidikan Klinik.
Tarif KKN, Tugas Akhir, Skripsi, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL akan dihitung sesuai dengan tarif yang ditetapkan pada tahun pelaksanaan.
Peraturan Rektor tentang Biaya Studi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 dapat diunduh di lama

admisi.unri.ac.id

Mobilitas Global

Informasi Lebih Lanjut

Situs web Program Studi Ilmu Administrasi Publik Program Sarjana, klik

disini

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?

UNRI menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 10 program diploma, 52 program sarjana, 27 program magister, 4 program doktor, 4 program spesialis, dan 6 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, pertanian, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, kedokteran dan masih banyak lagi.