Tuesday, Jul 27, 2021
HomeBeritaCara UNRI Dukung Prestasi Mahasiswa

Cara UNRI Dukung Prestasi Mahasiswa

unri.ac.id  Universitas Riau (UNRI) menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) untuk tahun 2018. Pilmapres merupakan  kegiatan tahunan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerjasama dengan Perguruan Tinggi. Tujuan dari penyelenggaraannya, guna memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi tinggi.

Pelaksanaan Pilmapres  yang berlangsung di Aula Rektorat Universitas Riau, Selasa (27/3) ini, terdaftar sebanyak 34 orang peserta perwakilan dari masing-masing fakultas. Sebanyak 10 orang peserta diantaranya akan terpilih sebagai Finalis Program Sarjana dan 2 peserta finalis dari program Diploma.

   IMG_4441

Sumber : HUMAS Universitas Riau

Dalam sambutannya membuka acara, Kepala Biro Akademis dan Kemahasiswaan UNRI, Azhar Kasymi SH, menyampaikan Kemenristekdikti selalu mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan iklim kehidupan kampus melalui upaya memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinambungan, di antaranya yaitu melalui kegiatan Pilmapres.

“Pemilihan Siswa Berprestasi  adalah pemberian penghargaan kepada mahasiswa yang telah berhasil mencapai prestasi terbaik, yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan pendidikan Tinggi. Kegiatan ini digelar setiap tahun sebagai upaya pemberian penghargaan atas prestasi tertinggi mahasiswa dan sekaligus cerminan kualitas pembinaan kemahasiswaan di perguruan tingginya,” jelas Azhar.

“Penyelenggaran Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Riau tahun 2018 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana  Seleksi ini berdasarkan berkas prestasi mahasiswa yang diunggulkan. Pemilihan ini guna menemukan finalis-finalis terbaik tidak hanya dari aspek kuantitas juga kualitas, karena peningkatan kualitas pendidikan ini sangat penting untuk kemajuan perguran tinggi,” kata Azhar.

IMG_4432

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_2696

Sumber : HUMAS Universitas Riau

“Semoga prestasi ini bisa dipertahankan, jangan berpuas diri, semua orang bisa sukses tapi bagaimana cara mempertahankan prestasi dan bagaimana meningkatkan prestasi. Target kita bagaimana tahun ini ada perwakilan kita yang lolos di finalis Mapres nasional,” harapnya.

Sanada dengan hal ini Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNRI, Dr Syapsan ME, mengatakan pemilihan Mahasiswa Berprestasi memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler sebagai wahana mensinergikan hard skills dan soft skills-nya.

Lebih lanjut, Syapsan, menyampaikan kegiatan Mahasiswa Berprestasi ini menjadi pemicu seluruh mahasiswa untuk terus berlomba-lomba dalam mengejar prestasi diberbagai bidang ilmunya, serta akan terus berupaya menjadi mahasiswa yang aktif diberbagai kegiatan kemahasiswaan dan dapat menghasilkan karya yang inovatif.

IMG_2744

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_4538

Sumber : HUMAS Universitas Riau

“Pilmapres secara tidak langsung dapat mengangkat martabat mahasiswa dan perguruan tingginya. Selain itu, memberikan dampak positif pada budaya berprestasi dan menghargai prestasi dikalangan mahasiswa,” tutup Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNRI menjelaskan.

Rangkaian kegiatan Pilmapres ini terdiri dari presentasi Karya Ilmiah, presentasi Bahasa Inggris, dan Wawancara Bidang Prestasi ataupun kemampuan yang diunggulkan. (wendi.foto:rabit) ***

FOLLOW US ON:
Konsep Tata Ruang Fa
Pentingnya Memahami

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: