Pengenalan Kehidupan Kampus, Unri sambut 7.089 Mahasiswa Baru

Unrinews. Universitas Riau menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi 7.089 Mahasiswa Baru tahun 2024. Kegiatan dilangsungkan di lapangan open space Unri. Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) berlangsung selama 3 (tiga) hari, mulai dari tanggal 6 – 8 Agustus 2024.

Rektor Universitas Riau (Unri), Prof Dr Sri Indarti, SE MSi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa PKKMB merupakan salah satu momen bahagia mahasiswa, setelah berhasil melewati serangkaian ujian, hingga akhirnya dinyatakan lulus.

Rektor menjelaskan bahwa mahasiswa yang pada kesempatan ini mengikuti PKKMB adalah mahasiswa pilihan. Mengingat tingginya tingkat keketatan masuk Unri, yaitu 1:12, dimana satu kursi diperebutkan oleh 12 orang.

Pada kesempatan itu, Rektor juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, atas penyerahan aset kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang kemudian digunakan oleh Unri.

Penyerahan Hibah Aset Barang Milik Daerah (BMD) Pemprov Riau berupa Aset Gedung dan Bangunan (termasuk gedung Fakultas Kedokteran), Peralatan dan Mesin, Jalan, Irigasi, dan Jaringan, serta Aset Tetap Lainnya Senilai Rp. 84,2 Miliar. Selanjutnya, aset BMD Pemko Pekanbaru yang diserahkan berupa Aset Tanah Fakultas Kedokteran, senilai Rp. 11,3 Miliar.

Rektor menyampaikan bahwa penyerahan aset tersebut merupakan wujud dukungan dan komitmen yang luar biasa pemerintah terhadap pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di Universitas Riau.

“Ini (penyerahan aset, red) mencerminkan sinergi yang kuat antara pemerintahan daerah dengan Perguruan Tinggi dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan”ucap Rektor.

Pejabat (Pj) Guberbur Riau, SF. Haryanto dalam sambutannya memyampaikan harapan kepada mahasiswa baru Unri untuk semangat dalam menimba ilmu dan menjadi kebanggaan keluarga dengan menjaga amanah dari orang tua.

“Kami harapkan kepada adik-adik mahasiwa yang diterima (di Unri, red), betul-betul belajar, banggakan orang tua, Jaga amanah orang tua”ucapnya.

Lebih lanjut Haryanto berpesan kepada mahasiswa baru untuk senantiasa meningkatkan kemampuan intelektual, kepercayaan diri, dan keberanian untuk bermimpi. “Semoga kalian menjadi generasi unggul dan berprestasi”ucapnya.

Selanjutnya, Haryanto berkesempatan menyapa mahasiswa baru dengan menyambangi tenda masing-masing fakultas. Selain bercengkerama singkat,  Haryanto juga menyempatkan diri berfoto bersama dengan mahasiswa baru.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni, selaku Ketua Panitia PKKMB tahun 2024, Dr Hermandra, MA, melaporkan bahwa kegiatan PKKMB Unri tahun 2024 merupakan momentum peralihan dari siswa ke mahasiswa dan memperkenalkan kehidupan kampus Universitas Riau.

Lebih lanjut Hermandra menyampaikan, selain untuk memperkenalkan sistem pembelajaran di Perguruan Tinggi, peraturan akademik, hak dan kewajiban mahasiswa, PKKMB juga bertujuan untuk mewujudkan kekeluargaan antara mahsiswa, dosen dan tenaga kependidikan.Selanjutnya, Hermandra menjelaskan bahwa kegiatan PKKMB tahun 2024 dilaksanakan dalam 3 (tiga) hari.

Hari pertama dilaksanakan di tingkat universitas. Hari kedua, dilaksanakan di tingkat fakultas. Hari ketiga sesi pagi di fakultas, dan sesi sorenya di tingkat universitas. Hermandra juga menyampaikan bahwa Kepanitiaan PKKMB Unri tahun 2024 melibatkan 107 orang mahasiswa sebagai relawan PKKMB, dan 20 orang Dosen Muda.

Pada kesempatan tersebut, diselenggarakan juga Launching Kartu Tanda Mahasiswa Elektronik (E-KTM), yang bisa digunakan sebagai Kartu Layanan Pustaka dan layanan akademik lainnya di Universitas Riau. Layanan E-KTM sabagai identitas elektronik mahasiswa sudah diaktifkan untuk mahasiswa baru angkatan 2024/2025.(ms, foto:ja)*

Pengenalan Kehidupan Kampus, Unri sambut 7.089 Mahasiswa Baru
Pengenalan Kehidupan Kampus, Unri sambut 7.089 Mahasiswa Baru
Pengenalan Kehidupan Kampus, Unri sambut 7.089 Mahasiswa Baru
Pengenalan Kehidupan Kampus, Unri sambut 7.089 Mahasiswa Baru
Skip to content