Bekali Mahasiswa dalam Meningkatkan Karir dan Kewirausahaan  

unri.ac.id Universitas Riau (UNRI) melalui Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (P2K2) Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNRI bekerjasama dengan Program Inkubator PT Pertaminta Hulu Rokan melaksanakan Workshop serta inkubasi karir pada mahasiswa yang bersal dari Suku Sakai.

Workshop dan inkubasi karir Suku Sakai ini merupakan pilot project untuk meningkatkan kemampuan soft skill. Diantaranya, kemampuan komunikasi, pengembangan karakater, dan membentuk personal branding untuk bekal dalam persaingan karir kedepan bagi mahasiswa anak Suku Sakai se-Provinsi Riau, ungkap Prof Dr Zulkarnain MM Ketua LPPMP UNRI, Selasa (9/8/2021) di Grand Elite Hotel Pekanbaru Riau.

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama lima hari ini, dimulai dari tanggal 8-12 November 2021, dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang mahasiwa asal dari Suku Sakai. “Program ini sangat penting karena kita tidak hanya memberikan beasiswa untuk anak Suku Sakai, tetapi kita juga memberikan sebuah alternatif bagaimana mereka bisa berkembang dimasa akan datang. Apakah mereka ingin menjadi interpreneur yang baik atau pekerja yang baik serta interpreneur pegusaha yang mampu membangun usaha sehingga mampu membawa anak dari Suku Sakai lainnya untuk lebih maju, jelas Ketua LPPMP UNRI menjelaskan.

Lebih lanjut, jelas Guru Besar UNRI ini, menyebutkan dari sebanyak 20 orang mahasiswa Suku Sakai ini dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau Khususnya Pekanbaru. Antaranya, lima orang mahasiswa dari UNRI, sepuluh orang mahasiswa dari Universitas Islam Riau (UIR), tiga orang mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Susqa Riau, satu orang mahasiswa dari Universitas Lancang Kuning Riau, dan satu orang mahasiswa dari Universitas Tabrani.

“Kita berharap pelatihan ini mampu membangun Capacity Building dari mahasiwa Suku Sakai, sehingga lebih jauh berkembang lebih baik lagi bersama dengan masyarakat yang ada di provinsi Riau,” harapnya.

LPPMP UNRI selain sebagai salah satu penjamin mutu pendidikan juga sebagai lembaga yang bertugas mengembangkan sumber daya manusia baik dosen, karyawan, mahasiswa, maupun masyarakat. Prof Dr Aras Mulyadi DEA dalam sambutannya, menyampaikan kegiatan ini merupakan kerja sama antara P2K2 LPPMP UNRI dengan PT Pertamina Hulu Rokan mendukung penuh kegiatan ini dengan sasaran mahasiswa Suku Sakai.

Ini juga merupakan bentuk kepedulian untuk masyarakat sekitar, dan kita juga berharap perusahaan lain melaksanakan program yang juga memajukan masyarakat pedalaman. “Keberhasilan suatu perusahaan adalah apabila peduli dengan lingkungan dan masyarakat sekitarnya, karena masyarakat tempatan tersebut belum bisa masuk kesuatu yang dituju dikarenakan aksebilitas, kemudian adanya kemampuan yang perlu diberikan sehingga bisa masuk kelapangan pekerjaan yang tersedia, diantaranya kemampuan ikubator untuk keterampilan yang telah dialaksanakan pada saat ini, ungkapnya.

Kegiatan ini sesuai dengan program yang ditujukan oleh pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui program “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka” memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri pada skill talenta yang ada pada diri mahasiswa.

Tambahnya perguruan tinggi saat ini, Indeks Kinerja diukur melalui seberapa banyak lulusan yang bekerja berwirausaha, seberapa banyak mahasiswa yang magang di perusahaan bisnis. Ini merupakan program yang perlu dikembangkan untuk membekali mahasiswa apa talenta yang cocok untuk di tingkatkan. (wendi. ed: rion. foto: januardi) ***

sumber: humas universitas riau

sumber: humas universitas riau

sumber: humas universitas riau

sumber: humas universitas riau

sumber: humas universitas riau

sumber: humas universitas riau

sumber: humas universitas riau