PROFESI DOKTER

Fakultas Kedokteran

Program Studi Dokter Program Profesi

Peluang Karier

Agar dapat melakukan pekerjaaan profesi dokter, lulusan Prodi Profesi Dokter FK UII harus menjalani dulu Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI). Program ini dilaksanakan selama 1 (satu) tahun, yaitu 8 bulan di Rumah Sakit dan 4 bulan di Puskesmas dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan. Setelah menyelesaikan program internsip, peserta PIDI akan mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) dari Konsil Kedokteran Indonesia. Surat ini merupakan salah satu prasyarat untuk mendapatkan Surat Izin Praktek (SIP) yang diperlukan oleh seorang dokter untuk melakukan praktek kedokteran.

Dokter lulusan Prodi Profesi Dokter FK UII mempunyai peluang karir sebagai klinisi yang melakukan praktek kedokteran secara pribadi maupun pada instansi kesehatan pemerintah atau swasta seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinik. Selain itu mereka juga dapat meniti karir dalam bidang manajerial pada instansi kesehatan. Lulusan Prodi Profesi Dokter FK UNRI juga dapat bekerja sebagai tenaga pendidik (dosen), ataupun menjadi peneliti pada lembaga penelitian pemerintah maupun swasta. Dokter lulusan FK UNRI juga dapat melanjutkan studi baik studi strata 2 (S2) pada Program Pendidikan Pascasarjana maupun melanjutkan studi pada Program Pendidikan Dokter Spesialis (Sp-1).

Syarat & Prosedur Pendaftaran

SYARAT UMUM

(Program ini merupakan program lanjutan dari program kedokteran FK UNRI yang dijalankan setelah mahasiswa lulus dari prodi kedokteran dan mendapat gelar S.Ked. Tidak ada biaya pendaftaran.)

Perkiraan Biaya Studi

Perkiraan biaya studi untuk program pendidikan ini adalah Rp. 50.000.000

Mobilitas Global

Informasi Lebih lanjut

Situs web Program Studi Dokter Program Profesi klik disini

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?

UNRI menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 10 program diploma, 52 program sarjana, 27 program magister, 4 program doktor, 4 program spesialis, dan 6 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, pertanian, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, kedokteran dan masih banyak lagi.