MAGISTER KIMIA

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 

Program Studi Ilmu Kimia Program Magister

Penyelenggaraan Program Studi S2 Kimia didasarkan pada SK. Direktur Jenderal  Pendidikan Tinggi No. 1129/D/T/2009 tanggal 14 Juli 2009 dan memperoleh perpanjangan izin penyelenggaraan program, sesuai dengan SK Dirjen Dikti Nomor : 8729/D/T/K-N/2011 tanggal 15 September 2011.  Saat ini Program Studi S2 Kimia Terakreditasi B Pengelolaan akademik Program Studi (Prodi) S2 Kimia berada di bawah Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Riau. Prodi Magister kimia merupakan wadah bagi kimiawan untuk mewujudkan keinginannya melaksanakan studi lanjut ke jenjang S2 di Universitas Riau. Penyelenggaraan pendidikan Magister Kimia bertujuan untuk meningkatkan taraf penguasaan ilmu kimia  dan kemampuan peserta didik agar lebih berperan aktif dalam pandangan ilmu  dan penerapannya. Lulusan prodi S2 Kimia diharapkan mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan ilmu kimia dan IPTEK dengan cara menguasai, memamahi kaidah ilmiah disertai keterampilan penerapannya, sehingga mampu bersaing di dunia kerja kini dan akan datang.

Peluang Karier

Lulusan Prodi Magister Kimia memiliki peluang karier untuk dapat menerapkan ilmu kimia yang diperoleh dan berkarir pada lembaga-lembaga penelitian (LIPI, BATAN, LEMIGAS, dll), pendidikan (dosen dan guru), sektor industri-industri (semen, obat, migas, dll), lembaga pemerintahan (PEMDA dan Kementrian), Konsultan dibidang kimia dan lingkungan maupun wirausahawan (techno/sciencepreneur).

Syarat & Prosedur Pendaftaran

PENDAFTARAN

Proses Pendaftaran mahasiswa baru Magister Kimia dilakukan 2 kali dalam setahun, setia awal semester (Februari dan Agustus) pada tahun bersangkutan.

Gelombang pertama berakhir Februari
Gelombang kedua berakhir Agustus
Persyaratan:

Mengisi formulir pendaftaran dapat dilakukan secara daring di sini atau datang langsung ke Sekretariat Program Studi Magister Kimia.
Membayar Biaya Pendaftaran Rp. 300.000,- biaya pendaftaran tersebut bersifat non-refundable (tidak dapat dikembalikan) apabila calon mahasiswa memutuskan untuk tidak melanjutkan ke proses seleksi.
Menyerahkan 1 lembar fotokopi ijazah terakhir (dilegalisir) yakni Ijazah Sarjana (Ilmu Kimia, Pendidikan Kimia, Teknik Kimia, Farmasi, Teknik LIngkungan atau Prodi lain yang berkaitan dengan bidang kimia).
Menyerahkan 1 lembar fotokopi Transkip nilai (dilegalisir).
Menyerahkan 1 lembar fotokopi sertifikat kecakapan bahasa inggris (CEPT/ITP/IBT/TOEIC/IELTS) dari lembaga resmi penyelenggara tes Bahasa Inggris.
Menyerahkan 1 lembar fotokopi sertifikat Tes Potensi Akademik (TPA).
Menyerahkan 2 lembar pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm.

Perkiraan Biaya Studi

Mobilitas Global

Kerjasama yang telah terjalin dengan universitas di luar negeri sangat memungkinkan mahasiswa Program Studi Magister Kimia untuk melakukan Student Mobility baik berupa Seat In atau Kolaborasi Riset, universitas tersebut antara lain:

Hokaido University, Jepang
Kansai University, Jepang
Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR), Malaysia
Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), Malaysia
Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Malaysia
Princes Songkhla University (PSU), Thailand
Curtin University, Australia

Informasi Lebih Lanjut

Situs web Program Studi Kimia Program Magister klik disini

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?

UNRI menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 10 program diploma, 52 program sarjana, 27 program magister, 4 program doktor, 4 program spesialis, dan 6 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, pertanian, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, kedokteran dan masih banyak lagi.