Saturday, Oct 19, 2019
HomeBeritaJadilah Perawat yang Penuh Tanggung Jawab

Jadilah Perawat yang Penuh Tanggung Jawab

unri.ac.id Untuk menjadi seorang perawat profesional dan benar-benar mengabdi kepada masyarakat, sebanyak 212 orang wisudawan Fakultas Ilmu Keperawatan (FKp) Universitas Riau (Unri) melaksanakan Angkat Sumpah Ners untuk Angkatan XXIV serta Pelepasan Sarjana Keperawatan Angkatan XXVI, yang terdiri dari Sarjana Keperawatan sebanyak 114 orang dan Program Profesi Ners sebanyak 98 orang.

“Setiap mereka yang lulus dari jenjang profesi sebelum masuk ke lapangan kerja, diwajibkan untuk disumpah sebagai perawat. Ini merupakan bentuk komitmen bagi para perawat pada saat berada di lapangan. Melalui komitmen ini, perawat betul-betul profesional dalam menjalankan tugasnya dan bertanggung jawab terhadap dirinya, profesinya, maupun terhadap Tuhan-Nya.” Inilah yang disampaikan Wakil Dekan Bidang Akademik FKp Unri, Wan Nishfa Dewi SKp MNg PhD di hadapan wisudawan Fakultas Ilmu Keperawatan yang diambil sumpah.

“Keberadaan perawat memiliki arti penting dalam upaya mewujudkan mutu pelayanan kesehatan yang optimal. Peranannya memiliki pengaruh yang berarti, khususnya dalam turut serta mendukung produktivitas suatu bangsa yang berimplikasi pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraannya,” ujar Wan Nishfa.

“Berkarir sebagai seorang perawat atau ners adalah sebuah pilihan karir yang mulia dan terhormat. Seorang perawat tidak hanya memberikan tindakan yang sifatnya medis belaka,  melainkan juga harus dapat berinteraksi dengan penuh empati kepada pasien yang ditanganinya.  Sehingga pasien merasa nyaman dalam proses perawatan yang dijalaninya, dan ini tentunya menjadi faktor yang turut serta mempercepat pemulihan kesehatannya,” jelas Wan Nishfa.

“Lulusan profesi ners bisa bekerja sebagai perawat baik di klinik, rumah sakit maupun di Pukesmas. Perawat juga bisa jadi peneliti dan biasa dilanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi melalui Program Strata Satu (S1) dan Strata Dua (S2) ataupun spesialisasi. Kita di Unri sangat senang jika para perawat mengambil ilmu yang lebih tinggi lagi dan dapat berkiprah menjadi dosen di FKp,” harapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Aula Susiana Tabrani Convention Hall Komplek At Tabrani Islamic Center, Kamis (10/10/2019) dan dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FKp Unri. “Pengambilan sumpah ini, merupakan tahap akhir dari perjuangan para lulusan sebagai perawat yang telah mengenyam pendidikan di bangku kuliah. Oleh karena itu, sumpah tersebut dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab lulusan sebagai seorang perawat.”

Pengambilan sumpah ini bertujuan untuk mengembankan tanggung jawab profesi perawat kepada para lulusan agar ketika dihadapkan langsung ke masyarakat, para lulusan dapat menjadi perawat yang bertanggung jawab. “Saya berharap, jadilah seperti pohon beringin yang bisa menjadi tempat berteduh dan bersandar  bagi masyarakat yang membutuhkan dan ditunggu kehadirannya oleh orang lain, serta belajarlah sepanjang hayat dimanapun berada. Belajar yang terbaik adalah mengajar untuk orang lain,” harapnya. (wendi. foto: roger) ***

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

FOLLOW US ON:
Tingkatkan Kompetens
57 Tahun Unri Berkip

wannovrinur@staff.unri.ac.id

Rate This Article: