Tuesday, Sep 17, 2019
HomeBeritaBicara Tentang Prestasi Mahasiswa UNRI, Ini Kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNRI

Bicara Tentang Prestasi Mahasiswa UNRI, Ini Kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNRI

unri.ac.id Mampu Meraih prestasi di bangku perkuliahan merupakan dambaan bagi setiap mahasiswa. Dibutuhkan kerja keras serta ketekunan untuk mencapainya. Keinginan meraih indeks prestasi (IP) tinggi juga dihadapkan pada tantangan berupa motivasi belajar yang fluktuatif dan kondisi sosial mahasiswa yang terkadang juga menjadi tantangan.

Mahasiswa Universitas Riau (UNRI) tidak hanya mengukir prestasi di ajang nasional, bahkan tidak sedikit mahasiswa yang meraih prestasi di ajang internasional. Hal ini disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof Dr Iwantono M.phil di ruang kerjanya, Rabu (4/9/2019).

“Mahasiswa UNRI diluar kesibukan menuntut ilmu di bangku kuliah, juga dituntut menempa diri untuk meningkatkan kreativitas non-akademik. Tidak sedikit di antara mereka yang berhasil menorehkan deretan prestasi di berbagai kompetisi, baik nasional maupun regional,” paparnya.

“UNRI mencatat, mahasiswi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) atas nama Fahira Zheryn Azzahra, mahasiswi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Maria Lucia Dwigama Purba, dan mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Wita Wirawati, telah berhasil  menoreh juara pada kegiatan National University Debating Championship (NUDC) yang dilaksanakan Universitas Airlangga Surabaya beberapa waktu lalu,” terang Iwantono.

Lebih lanjut Iwantono juga menguraikan, sejumlah mahasiswa juga memperoleh prestasi atas nama Mukhlis Ibrahim dari Fakultas Pertanian (FP), Indri Islamiati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Nadhella Fahira Faradisha dari Fakultas Teknik (FT), Rio Arjuna Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Alfin Julian Nanda dari Fakultas Hukum (FH) melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan yang dilaksanakan di Ternate Tidore Kepulauan, Maluku Utara,” ungkap Guru Besar Bidang Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam ini menerangkan.

Tidak hanya itu, dua mahasiswi UNRI juga meraih juara pada kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang dilaksanakan di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, mahasiswi  Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Riski Indah Lestari juara satu Hifzhil Quran lima jus putri, dan mahasiswi jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Mawaddah Warahmah juara tiga Qira’at Sab’ah putri.

“Beberapa waktu yang lalu, UNRI juga telah meraih mendali perak pada kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 di Universitas  Udayana Denpasar, Bali 2019. Pada kegiatan ini diperoleh oleh mahasiswa jurusan biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Hapiz Al Khairi, Azizul Berlyansah, Nur Annisa, Nurul Izzah, dan Aldy Riau Wansyah Hasibuan dengan memperoleh medali perak melalui kegiatan pengolahan buah sentul menjadi teh herbal yang kaya anti oksidan,” kata Iwantono.

Pada PIMNAS ke-32, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) juga meraih mendali perak atas nama Siti Imriatus Sa’adah, Manju Andika Putri, dan Nurhasanah melalui penampilan Edu Photsic, yakni tentang cara mudah dalam belajar kimia untuk siswa.

“Prestasi itu kunci, karena itu mahasiswa UNRI harus ber­prestasi di segala hal. UNRI akan memfa­si­litasi jika mahasiswa ingin ber­pres­tasi bidang akademik maupun non-akademik. “Tularkan” prestasi itu kepada maha­sis­­wa lainnya. Saya ber­harap  pres­tasi mahasiswa dapat menyebar menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya,” ka­tanya. (wendi. foto: istimewa) ***

FOLLOW US ON:
BSM Hadir Di Kampus
Hal yang Perlu Dilak

wannovrinur@staff.unri.ac.id

Rate This Article: