Tuesday, Jul 23, 2019
HomeBeritaMenciptakan Penguatan Tugas dan Fungsi SPI Dalam Melakukan Pengawasan Tata Kelola Perguruan Tinggi  

Menciptakan Penguatan Tugas dan Fungsi SPI Dalam Melakukan Pengawasan Tata Kelola Perguruan Tinggi  

unri.ac.id Perkembangan teknologi saat ini, menjadi satu unsur dalam pengembangan sistem pengawasan yang dilakukan Satuan Pengawas Internal (SPI). Begitu juga dengan memasuki era revolusi industri 4.0 ini, PTN semakin dihadapkan pada perkembangan teknologi yang ada. Hal ini disampaikan Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, pada acara pertemuan SPI Nasional ke-V tahun 2019 di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Acara yang dilaksanakan Kamis (4/4/2019) dengan tajuk “Industri 4.0 dan Implikasinya Pada Pengawasan Internal di Perguruan Tinggi Negeri Indonesia,”terlihat arah dari pertemuan untuk mencapai sasaran dari implikasi yang kita maksud.

Dari kondisi tersebut, Rektor Unri, menyampaikanPerguruan Tinggi Negeri (PTN)akan semakin ditantang untuk menyesuaikan pendekatan dalam menjembatani stakeholder dalam aspek transparansi dan pertanggungjawaban Tridarma Perguruan Tinggi, khususnya pada konteks tata kelola non akademik Perguruan Tinggi yang menjadi ruang lingkup dari tugas SPI.

“Sebagaimana yang kita ketahui, SPI tidak terlepas dari lima agenda kegiatan, yang meliputi, Audit, Riviu, Evaluasi, Pemantauan, dan Pengawasan. maka peran SPI dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, sudah harus mampu menyelaraskan antara tugas dan fungsi dengan perkembangan teknologi yang ada,” jelas Rektor.

Tambahnya, Perkembangan teknologi tersebut, berimplikasi terhadap perubahan pola, tata kelola, proses kebijakan, dan transformasi pengawasan internal PTN yang tepat.Oleh karena itu, perspektif atau paradigma baru dalam pola pengawasan SPI dalam melakukan tindakan pencegahan pada suatu PTN, sangat mutlak diperlukan untuk jadi fokus pembahasan.

“Melalui forum ini, kita berharap dapat menciptakan penguatan tugas dan fungsi SPI dalam melakukan pengawasan tata kelola dibidang non akademik, melalui Pemanfaatan teknologi pada berbagai aspek, baik dari pelayanan inti maupun pelayanan pendukung di lingkungan Perguruan Tinggi kita berada,” harap Rektor. (wendi. foto: rizki, rojer)

sumber: HUMAS Universitas Riau

sumber: HUMAS Universitas Riau

sumber: HUMAS Universitas Riau

FOLLOW US ON:
Pertemuan SPI PTN In
SPI Harus Proaktif M

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: