Sunday, May 19, 2019
HomeBeritaSoal Alumni, ini Kata Rektor dan Ketua IKA Unri

Soal Alumni, ini Kata Rektor dan Ketua IKA Unri

unri.ac.id Alumni memegang peranan penting dalam memberikan kontribusi bagi kemajuan almamater. Universitas Riau (Unri) bisa menjadi besar bukan karena satu unsur, tetapi merupakan hasil dari kerja sama dari berbagai unsur, yakni stakeholder termasuk keberadaan alumni. Maka dari itu, alumni Unri diharapkan memberikan sumbangsih bagi kemajuan Unri.

Demikian yang disampaikan Rektor Unri Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA menanggapi peran alumni Unri, Selasa (2/4/2019) di Kampus Unri.

Lebih lanjut, Rektor menyampaikan saat ini Unri berada di klaster peringkatan ke-23 dengan perolehan Akreditasi “A” dari seluruh perguruan tinggi indonesia dengan jumlah 10 fakultas dan 95 Pogram Studi (Prodi) dengan jumlah Alumni saat ini berjumlah 98.964 orang.

“Keberhasilan Unri tidak terlepas dari peran alumni. Alumni Unri sudah tersebar diberbagai kota dan telah menduduki sejumlah posisi strategis dalam manajemen. Keberadaan ini tentu sangat membantu Unri dalam berbagai aspek,” jelas Aras.

“Para alumni yang telah menduduki berbagai posisi penting di negeri ini tentu akan menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk memberikan kepercayaan kepada Unri, terutama dalam hal pilihan perkuliahan mereka. Dengan sendirinya Unri akan tersosialisasikan kepada masyarakat luas, sesuai dengan slogan Unri “Universitas Riau Jantung Masyarakat Riau,” yang diharapkan juga bisa meningkat tingkat nasional maupun internasional,” kata Aras.

Rektor, menilai Unri harus memberikan kontribusi lebih kuat lagi bagi masyarakat. Kontribusi tersebut dibangun dari peran serta alumni, dimana Unri diharapkan ikut serta dalam menggerakkan roda ekonomi. Selain itu, keberadaan alumni juga harus bisa membuktikan kepada masyarakat tentang apa yang dihasilkan perguruan tinggi dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Pada saat kegiatan “Alumni Pulang Kampung” dengan tajuk “Saatnya MembangunSinergi” di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unri Gobah, 30 Maret 2019 lalu, Ahmad Hijazi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau selaku Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unri, menyampaikan pada era saat ini, peran alumni tidak hanya penting dalam mewujudkan visi dan misi suatu perguruan tinggi, khususnya kegiatan akreditasi perguruan tinggi. Alumni yang tergabung dalam suatu forum alumni dapat menjadi ujung tombak dalam meningkatkan reputasi perguruan tinggi di mata masyarakat, di samping “membuka jalan” alumni yang lain untuk bergabung dalam dunia kerja atau profesional dan ajang silaturrahim.

“Dengan adanya satuan organisasi ini, kita dapat berkoodinasi dan komunikasi untuk memberikan gagasan dengan baik sesama pengurus IKA yang nantinya bisa menyusun pogram-pogram yang menunjang memfasilitasi alumni untuk bisa berinteraksi dengan kampus dan almamater,” harap Ahmad Hijazi.

“IKA Unri sangat memerlukan masukan dari pihak Unri, yakni bagaimana alumni bisa berkontribusi untuk almamater dan masyarakat,” Jelas Sekretaris Daerah Provinsi Riau inimenjelaskan. (wendi. foto: roger) ***

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

FOLLOW US ON:
Saat Alumni Unri Had
Pertemuan SPI PTN In

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: