Tuesday, Jun 18, 2019
HomeBeritaPentingnya Eksistensi Perempuan dalam Berbagai Sektor Pembangunan

Pentingnya Eksistensi Perempuan dalam Berbagai Sektor Pembangunan

unri.ac.id peran perempuan Indonesia menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam perjuangan panjang bangsa ini untuk meraih kemerdekaan. Hal ini disampaikan Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, Rektor Universitas Riau (Unri) pada hari pertama masuk kerja, setelah dilantik sebagai Rektor Unri periode 2018-2022 selaku pembina Upacara Bendera pada Peringatan Hari Ibu (PHI) tahun 2018 di lingkungan Unri, (26/12).

Pada kesempatan itu, Rektor Unri, menyampaikan keterlibatan perempuan dibuktikan melalui kongres perempuan pertama 22 Desember 1928 di Yogyakarta tang telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia. “Hakekat Peringatan Hari Ibu dilaksanakan setiap tahunnya adalah untuk mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.”

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

“PHI diharapkan mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian, pengakuan serta pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan, selain itu juga diharapkan dapat membawa pengaruh positif bagi kualitas hidup, pemenuhan hak dan kemajuan perempuan,” ungkapnya.

“Saat ini, sudah terbukti perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara, maupun menjadi motor penggerak dan perubahan (agent of change-red). Perempuan yang sadar dan memahami memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki, kesetaraan yang mendasari tentang pentingnya pembagian tugas, peran dan tanggung jawab yang seimbang mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat bahkan dalam bangsa dan negara,” jelas Aras.

Lebih lanjut, dalam beberapa kesempatan, Aras, menyampaikan “Perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 semakin berat, terutama dalam meningkatkan kualitas dari perguruan tinggi itu sendiri maupun kualitas lulusannya. Civitas Akademika Unri diharapkan untuk bisa menciptakan kreasi dan inovasi terbaru untuk menetapkan target-target yang akan dicapai dan terus ditingkatkan setiap tahunnya demi kemajuan Unri.”

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

“Akreditasi institusi maupun akreditasi Program Studi (Prodi) adalah salah satu tolok ukur keberhasilan suatu kinerja perguruan tinggi. Pada tahun 2019 mendatang, Unri menargetkatkan Prodi yang berakreditasi A terdaftar di Asesmen AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance). AUN (ASEAN University Network) merupakan organisasi universitas di negara-negara ASEAN. Adapun tujuan AUN adalah untuk meningkatkan kualitas standar universitas di ruang lingkup ASEAN.”

Pada rangkaian PIH di lingkungan Unri, Rektor Unri juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Unri, atas peraihan penghargaan  kepada Unri sebagai institusi penerima anugerah Keterbukaan Publik terbaik, kategori perguruan tinggi oleh Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Riau. Pada kesempatan tersebut, Rektor juga menyerahkan SK (Surat Keputusan-red) kenaikan pangkat bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Unri. (wendi. foto: mukmin, rojer) ***

FOLLOW US ON:
Rektor Unri Komitmen
Manajemen Hotel “P

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: