Monday, May 21, 2018
HomeBeritaAlumni Unri Menjadi Ujung Tombak Reputasi Perguruan Tinggi

Alumni Unri Menjadi Ujung Tombak Reputasi Perguruan Tinggi

IMG_1976

Unri. Pada era saat ini, peran alumni tidak hanya penting dalam mewujudkan visi dan misi suatu perguruan tinggi, khususnya kegiatan akreditasi perguruan tinggi. Alumni yang tergabung dalam suatu forum alumni dapat menjadi ujung tombak dalam meningkatkan reputasi perguruan tinggi di mata masyarakat, di samping “membuka jalan” alumni yang lain untuk bergabung dalam dunia kerja atau profesional dan ajang silaturrahim. Manfaat-manfaat yang diperoleh dari forum ini, dapat menjadi landasan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA-Unri) Komisariat Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dibentuk.

Campus Relation Head RAPP dan selaku Ketua IKA Unri Komisariat RAPP, Syamsuria M Hasyim, menyampaikan pembentukan IKA Unri Komisariat RAPP mengalami perjalanan panjang dan sudah lama ingin dibentuk pada akhirnya baru di bentuk dan dikukuhkan pengurusannya pada saat ini. “Terbentuknya alumni Unri di RAPP ada tiga tujuan, pertama sebagai alumni Unri yang bekerja dan bekarya di perusahaan RAPP mempunyai tanggung jawab kepada perusahaan bagaimana dituntut berperan aktif dan memberikan kontribusi konkrit kepada perusahan,” ungkap Syamsuria.

IMG_1775

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_1780

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_1946

 Sumber: HUMAS Universitas Riau

Kedua, tanggung jawab alumni merupakan representasi atau perwakilan dari masyarakat yang ada di luar, yang menjadi beban dan tanggung jawab kami sebagai alumni untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat. Ketiga, sebagai alumni tentunya kami sebagai representasi dari almamater yang ada di RAPP yang bertanggung jawab bagaimana almamater Unri bisa memberikan kontribusi yang nyata dan berkomunikasi yang baik antara perusahan dan universitas,” terang Syamsuria.

Dari tiga tujuan inilah terbentuknya IKA Unri Komisariat RAPP yang berkarya dan di pandang sebagai organisasi yang menjembatani pemikiran-pemikiran untuk memajukan perusahan, masyarakat, dan almamater. Jumlah alumni Unri di perusahaan RAPP berjumlah hampir lima ratus orang alumni, mulai dari posisi jabatan pada jajaran staf hingga pemangku kebijakan perusahaan sebagai direktur yang bekerja di RAPP. “Jumlah terbesar dibandingkan dari alumni perguruan tinggi lain yang bekerja di RAPP, adalah alumni Universitas Riau,”ujar Syamsuria.

IMG_1928

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_1957

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi yang juga selaku Ketua Umum IKA Unri menyampaikan tidak ada hambatan komunikasi di IKA Unri untuk pelaksanaan berbagai kegiatan untuk mengharumkan almamater. “Pembentukan pengurusan IKA Unri ini, kita bertekad mengakomodir segala alumni Unri yang selama ini belum berjalan optimal oleh kurangnya koordinasi yang berjalan selama ini, yang mungkin hanya terpusat dan tidak adanya komunikasi yang baik pada unit-unit organisasi wilayah atau komuditas lainnya.”

“Dengan adanya satuan organisasi ini kita dapat berkoodinasi dan komunikasi untuk memberikan gagasan dengan baik sesama pengurus IKA yang nantinya bisa menyusun pogram-pogram yang menunjang memfasilitasi alumni untuk bisa berinteraksi dengan kampus dan almamater,” harap Ahmad Hijazi.

“IKA Unri sangat memerlukan masukan dari Universitas, yakni bagaimana alumni bisa berkontribusi untuk almamater dan masyarakat,” Jelas Sekretaris Daerah Provinsi Riau ini menerangkan.

IMG_1997

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_1783

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Rektor Unri, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA saat dijumpai di Kampus Unri, Selasa (15/5) memberikan apresiasi atas terbentuknya IKA Unri Komisariat RAPP. “Kami sangat mengapresiasi terbentuknya IKA Komisariat RAPP, dengan harapan bisa menjadi penghubung antara Unri dengan masyarakat baik akademisi maupun industri. Kita berharap agar IKA Unri Komisariat RAPP bisa menjadi wadah bagi alumni-alumni Unri yang tersebar di seluruh Indonesia maupun luar negeri untuk berkontribusi dan berpartisipasi memajukan Unri, yang mana kemajuan sebuah perguruan tinggi dilihat dari perkembangan alumninya.

“Saat ini, kita baru membentuk IKA Unri Komisariat RAPP sebagai langkah awal untuk pengembangan dan penguatan kekeluargaan antar alumni Unri. Kedepan, kita akan membentuk IKA Unri komisariat lainnya,” jelas Rektor.

IKA Unri Komisariat RAPP dikukuhkan pada acara pengukuhan dan penyerahan pataka IKA Unri Komisariat RAPP oleh Ketua Umum IKA Unri, Ahmad Hijazi dan disaksikan oleh Rektor Unri, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA di Aula Hotel Unigraha Komplek PT RAPP Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, Senin 14 Mei 2018 lalu. (wendi.foto:rizki) ***

FOLLOW US ON:
Budidaya Ikan Patin
Bangkitkan Semangat

wannovrinur@staff.unri.ac.id

Rate This Article: