Friday, Dec 15, 2017
HomeBeritaWisuda Langkah Awal untuk Mengaplikasikan Ilmu yang Telah Dimiliki

Wisuda Langkah Awal untuk Mengaplikasikan Ilmu yang Telah Dimiliki

Rektor Universitas Riau memberikan penghargaan kepada para pemuncak pada wisuda periode Oktober 2017

unri.ac.id “Langkah akhir saudara dalam menimba ilmu pada hari ini, merupakan langkah awal bagi saudara untuk mengaplikasikan keahlian serta kompetensi saudara sesuai dengan bidang ilmu yang telah saudara miliki dan saudara timba di Universitas Riau. Untuk itu, mari bangkitkan gairah dan semangat solutif bagi kepentingan masyarakat, dengan memanfaatkan bidang ilmu yang telah saudara peroleh di Kampus ini.” Demikian disampaikan Rektor Universitas Riau (UR), Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA pada Sidang Terbuka Senat UR dalam rangka Milad UR ke-55, wisuda Pascasarjana ke-36, Profesi ke-30, Sarjana ke-99, dan Diploma UR ke-40, Kamis (5/10) di Lapangan Terbuka Komplek Kampus Bina Widya UR Panam.

Pada wisuda UR periode Oktober 2017 ini, UR mewisuda sebanyak 3.730 orang wisudawan. Sehingga dengan demikian, sejak tahun 1962 hingga sekarang, Universitas Riau telah menghasilkan lulusan sebanyak 90.392 orang. “Pada perjalanan usia UR ini, telah banyak program yang sudah, maupun tengah dalam proses telah wujudkan bersama. Program kegiatan yang dilakukan tersebut, pada prinsipnya bermuara untuk menghasilkan lulusan Universitas Riau yang terdidik, cerdas secara spritual, emosional dan intlektual dengan dasar akhlak, iman dan taqwa sejalan dengan tujuan dari pendidikan nasional,” ujar Rektor.

Rektor Universitas Riau Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEAsedang mengukuhkan para wisudawan

Rektor Universitas Riau Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA sedang mengukuhkan para wisudawan (Sumber : Humas Universitas Riau)

“Sebagai pimpinan universitas, kita akan terus berupaya meningkatan dan membangun Universitas Riau sebagai Lembaga Pendidikan yang memiliki kualitas dan mutu yang berkelas, serta senantiasa mengakomodir segala bentuk usaha dalam mewujudkan cita-cita tersebut, di mana nantinya dapat pula menghantarkan UR sebagai universitas yang bertaraf internasional sesuai dengan harapan kita bersama, seiring dengan visi-misi UR menyongsong Universitas Riset 2035,” jelas Rektor.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas UR ini diantaranya dengan meningkatkan status akreditasi.

Saat ini UR memiliki sebanyak 91 Program Studi khusus pada tingkat Sarjana di UR. Sebanyak 14% telah terakreditasi A, 75% Terakreditasi B, dan 11% terkreditasi C. Secara garis besar, dengan angka sebesar 75% untuk akreditasi B yang dimiliki oleh Program Studi yang ada di UR, maka kualitas dan mutu Sarjana lulusan dari UR sudah tidak diragukan lagi.

“Selaku pimpinan universitas, kita akan terus berupaya meningkatan status dan peringkat akreditasi, baik pada masing-masing Program, seperti Magister, Sarjana, dan Program Diploma yang belum ataupun yang akan meningkatkan status skreditasinya dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi-red). Upaya ini adalah bermuara pada perwujudan Sumber Daya Manusia yang bermutu dan berkualitas yang sejalan dengan upaya pendidikan nasional di dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” tambah Rektor.

Sekretaris Senat Drs M Y Tiyas Tinov MSi sedang membacakan SK pemuncak

Sekretaris Senat Drs M Y Tiyas Tinov MSi sedang membacakan SK pemuncak  (Sumber : Humas Universitas Riau)

Pada kesempatan itu, Rektor UR juga menyampaikan capaian Universitas yang perlu untuk diapresiasi. “Bersama-sama perlu kita apresiasi, pada tahun 2017 ini, UR memperoleh peringkat ke-23 dari 4000 Universitas yang ada di Indonesia. Pemeringkatan ini merupakan peringkat yang dilakukan oleh Ristekdikti dalam bidang pelaksanaan Tri dharma Perguruan Tinggi bagi Universitas yang ada di Indonesia. Bukan hanya itu, UR juga ditempatkan dalam kelas (cluster) tertinggi dalam kelompok cluster mandiri di antara seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.

Lebih lanjut, Rektor menyampaikan ungkapan terimakasihnya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam mewujudkan capaian-capaian ini. “Melalui harapan dan semangat yang tinggi, UR akan senantiasa berkomitmen dalam mewujudkan peningkatan pendidikan secara Nasional. Lebih lanjut, selamat dan terima kasih kepada para wisudawan serta orang tua dan keluarga yang telah mempercayakan putra-putri bapak dan ibu untuk menimba ilmu di UR, serta kepada semua pihak yang telah turut serta membangun dan mengembangkan UR, baik secara moril maupun materil. Semoga apa yang telah kita perbuat mendapat imbalan dari Allah SWT,” tambahnya.

Rektor Universitas Riau sedang memberikan sambutan

Rektor Universitas Riau sedang memberikan sambutan (Sumber : Humas Universitas Riau)

 Pada kesempatan berbeda, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UR, Azhar Kasymi SH, menyampaikan sebanyak 3.731 orang wisudawan ini, merupakan lulusan yang berasal dari 10 fakultas dan 1 Program Pascasarjana yang ada di UR.

“Berdasarkan rincian jumlah wisuda UR periode Oktober 2017 ini, wisudawan yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yaitu sebanyak 617 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 837 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 571 orang, Fakultas Teknik (FT) 289 orang, Fakultas Pertanian 215 orang, Pascasarjana 245 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPK) 272 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 302 orang, Fakultas Kedokteran 130 orang, dan Fakultas Hukum (FH) sebanyak 110 orang, dan Fakultas Keperawatan 143 orang,” jelas Azhar. (mukmin)***

FOLLOW US ON:
Turnamen Sepak Bola
Lomba Fotografi

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: