Friday, Dec 15, 2017
HomeBeritaUR-JNE Dukung Pengembangan Wirausaha Mahasiswa UR Melalui Pemasaran Produk Berbasis IT

UR-JNE Dukung Pengembangan Wirausaha Mahasiswa UR Melalui Pemasaran Produk Berbasis IT

IMG-20171003-WA0002

unri.ac.id Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi, teknologi digital kini tidak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Berbagai manfaat seperti murahnya biaya promosi, luasnya prospek pemasaran, hingga pembentukan loyalitas konsumen membuat internet begitu menarik. Oleh karena itu, UR menggandeng beberapa pihak di antaranya Perusahaan jasa pengiriman JNE untuk membantu strategi pemasaran produk melalui layanan gratis “Pesonanusantara.co.id”.

“Abang Pisang Coklat Pemuda“ nama satu usaha mahasiswa yang mendapat bantuan dana dari Program Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam pelaksanaan program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI). “Abang Pisang Coklat Pemuda” ini dikelola oleh Sudariyanto, Teguh Iman, Satria Lanuri, Khoirul Adly, dan Hariadi di bawah bimbingan Dodi Sofyan Arief ST MT, dosen Fakultas Teknik UR.

IMG-20171003-WA0003

Sumber : Humas Universitas

“Sudah menjadi tugas kita selaku pembimbing bagi mahasiswa UR. Bukan hanya dalam aspek teoritis saja yang menjadi perhatian kita selaku pendidik di Perguruan Tinggi, tapi secara praktis juga perlu kita dukung dan kita berikan bekal langsung kepada mahasiswa kita selaku peserta didik kita di UR. Semua tentunya dapat menjadi manfaat bagi mahasiswa bersangkutan dalam menambah pengalaman dan peningkatan wawasan kewirausahaan bagi mahasiswa UR, terutama mahasiswa Teknik,” jelas Dodi di jumpai di Fakultas Teknik UR, Kamis (5/10).

UR melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada aspek Pengabdian Kepada masyarakat, merealisasikan kegiatan tersebut dalam bentuk kegiatan bertajuk “Pengembangan Model Pemasaran Produk Kuliner dan Kerajinan Tangan Berbasis Internet Pada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kelurahan Tampan, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru yang dilakukan pada 1 Oktober 2017 lalu oleh gagasan Yohanes ST MT.

“Mahasiswa UR melalui aspek Pengabdian Kepada masyarakat, kita bekali dan fasilitasi dalam menambah ilmu dan pengalaman dalam bentuk kegiatan bertajuk “Pengembangan Model Pemasaran Produk Kuliner dan Kerajinan Tangan Berbasis Internet Pada Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Kegiatan ini kita gelar di Kelurahan Tampan, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru,” kata Yohanes ST MT.

IMG-20171003-WA0004

Sumber : Humas Universitas

Pada kegiatan ini, hadir Zulheri Adha selaku Wakil Direktur JNE Pekanbaru, sejumlah Dosen Teknik Mesin UR, di antaranya adalah Mustafa Akbar ST MT, Iwan Kurniawan ST MT, Anita Susilawati ST MSc PhD, serta pengelola dari UKM “Dapur Alif Difa”, “Flower Creative”, dan “Abang Pisang Coklat Pemuda”.

“Kita selaku pihak penyedia jasa pengiriman, sangat apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UR. Oleh karena itulah, dengan mensinergikan potensi perusahaan yang kita miliki, terutama dalam strategi pemasaran produk melalui layanan gratis “Pesonanusantara.co.id”.

Lebih lanjut, Zulheri memberi menyampaikan dengan bangga turut andil dalam memberikan dukungan “Abang Pisang Coklat Pemuda” dalam operasional penunjang usaha yang dikelola oleh mahasiswa UR. “JNE bisa mengirimkan pesanan dalam satu hari sampai, untuk makanan basah serta tidak menutup kemungkinan untuk memasarkan produk lainnya melalui JNE.”

“Saat ini kita telah memiliki sebanyak 4.966 produk dari 881 vendor yang tersebar di 55 kota di Indonesia yang telah bergabung dengan pesonanusantara.co.id. Untuk menjadi vendor pesona, syarat yang diperlukan, diantaranya adalah registrasi calon vendor, melengkapi syarat administrasi, mengirimkan sample produk, pemotretan hingga uji ketahanan produk,” terang Zulheri. (rls/ humas ur) ***

FOLLOW US ON:
Wisudawan UR Perlu P
Turnamen Sepak Bola

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: