Wednesday, Aug 23, 2017
HomeBeritaUR Bangkitkan Peran Iptek dan Inovasi Bidang Kemaritiman dalam Ritech Expo 2017

UR Bangkitkan Peran Iptek dan Inovasi Bidang Kemaritiman dalam Ritech Expo 2017

Sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi UR

URNews. Ritech Expo merupakan kegiatan transformasi edukasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dalam bentuk seminar, pameran, pertemuan ilmiah, dan lain sebagainya yang dilaksanakan setiap tahun oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti-RI). Satu di antaranya, kegiatan ini menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi di bidang teknologi yang telah dihasilkan oleh anak bangsa, untuk dapat diketahui, dikembangkan, serta dimanfaatkan oleh masyarakat luas untuk menjawab solusi permasalahan yang ada di Indonesia.

logo hakteknas

Logo Hakteknas

Universitas Riau (UR), merupakan bagian dari pihak pendukung di dalam Ritech Expo pada tahun 2017 ini. UR dalam waktu dekat akan hadir untuk menyajikan berbagai produk-produk inovasi unggulan yang telah dihasilkan dari perguruan tinggi UR ini. Bukan hanya menampilkan produk, UR juga tampil dalam kegiatan seminar bisnis yang ditaja dalam kegiatan Ritech Expo tahun 2017, pada tanggal 10-13 Agustus 2017 yang diselenggarakan di Wisma Negara Center Point Of Indonesia Makasar.

“Dalam pelaksanaannya, UR sebagai lembaga pemerintah di bidang pendidikan ini adalah sarana dalam membangun generasi bangsa melalui Tri Dharma Perguruan Tingginya, yang meliputi pengajaran, penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat. Pada tataran ini, UR mengambil momentum Ritech Expo tahun 2017 untuk bersama-sama dengan Kemenristekdikti untuk memberikan transformasi edukasi kepada masyarakat. Transformasi edukasi ini terkait dengan hasil-hasil penelitian yang dihasilkan oleh Perguruan Tinggi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.” Hal ini disampaikan Prof Dr Mashadi MSi, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi UR, Senin (7/8).

“Selain untuk memperkenalkan hasil dari penelitian ini, lebih lanjut kita berkeinginan agar produk penelitian yang ada bukan hanya sekedar ditampilkan untuk diketahui oleh masyarakat luas, namun lebih dari pada itu. Kita dari pihak universitas selalu mendorong dan mendukung segala bentuk hasil-hasil penelitian yang ada, pada hilirnya dapat diproduksi dalam sebuah industri riset yang dapat menjadi solusi bagi persoalan di dalam kehidupan masyarakat,” jelas Mashadi.

Pada kesempatan berbeda, Dodi Sofyan Arief MT, Kepala Laboratorium Fakultas Teknik UR menyampaikan, lembaga riset, industri, hingga para inovator yang keseluruhannya merupakan karya anak bangsa. Melalui momentum Ritech Expo, dapat memberikan ruang bagi civitas kampus untuk menampilkan beragam inovasi yang telah dihasilkan tersebut.

“Melalui kegiatan RiTech Expo yang merupakan kegiatan dalam rangka memperingati Hari kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun 2017 yang ke-22 ini, UR hadir untuk memberikan dukungan promosi melalui media luar ruang dalam bentuk pameran inovasi, serta melalui media sosialisasi transformasi edukasi melalui seminar bisnis. Karena kita bagian dari Kemenristekdikti yang berkewajiban dalam memberikan manfaat pendidikan bagi masyarakat,” jelas Dodi. (wendi) ***

FOLLOW US ON:
2nd International Co
Bupati Kampar Ganden

budi@ict.unri.ac.id

Rate This Article: