Sunday, Sep 24, 2017
HomeBeritaTeknologi Informasi dan Digitalisasi Tidak Bisa Dihindari, Justru Harus Dimanfaatkan

Teknologi Informasi dan Digitalisasi Tidak Bisa Dihindari, Justru Harus Dimanfaatkan

IMG_8753

unri.ac.id Dr KH Abdul Wahid Maktub, menjelaskan untuk mewujudkan visi perguruan tinggi berkelas dunia, harus dimulai dari sikap internal. Hal ini terkait dengan bagaimana semua stakeholder sama-sama memiliki pandangan ke depan, sikap mental dan mindset serta paradigma dalam menghadapi era globalisasi.

“Era globalisasi yang ditandai kemajuan pesat di bidang teknologi informasi dan digitalisasi tidak bisa dihindari. Justru hal ini harus dimanfaatkan seoptimal mungkin dan dijadikan peluang bagi perkembangan dunia pendidikan tinggi ke depan. Di samping itu, agar tidak ketinggalan kita harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia.” pandangan ini disampaikan Dr Abdul Wahid Maktub di hadapan civitas akademika Universitas Riau (UR) pada kesempatan menjadi narasumber Kuliah Umum di Kampus UR, Jumat (14/7).

IMG_8714

Sumber : HUMAS Universitas Riau

Lebih lanjut, Abdul Wahid menyampaikan, untuk menerobos dan meningkatkan eksistensi pergaulan internasional tentu harus menjalin relasi, networking dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi di negara lain.  Mulailah dengan terlebih dulu kita membuka diri, serta selalu berinovasi agar negara lain tertarik dan mau menjalin kerjasama dengan kita.

“Diawali dengan visi yang besar, lalu visi itu dirasakan dan dilaksanakan bersama-sama, lalu peningkatan kualitas SDM, peningkatan standar mutu layanan dan mutu lulusan, perubahan paradigma pembelajaran dari hal-hal konvensional menuju globalisasi. Kemudian, lakukan berbagai inovasi, membuka diri dan siap berkompromi dengan semua situasi dan keadaan. Ketika semua ini mampu dilaksanakan, maka akan tercipta daya saing yang menjadi kebutuhan dan daya tarik dalam membangun networking baik level nasional maupun internasional,” terang Abdul Wahid, Staf Khusus Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti).

IMG_0134

Sumber : HUMAS Universitas Riau

Pada kesempatan itu, Rektor UR Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, mengungkapkan saat ini berbagai upaya terus ditingkatkan dalam rangka mewujudkan visi besar institusi. Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri baik melalui pertukaran mahasiswa dan dosen, kerjasama research dan pengabdian kepada masyarakat terus dilakukan bahkan sudah menjadi agenda rutin.

“Untuk menerobos pergaulan internasional yang lebih luas lagi, akan banyak persoalan yang mungkin dihadapi. Persoalan mendasar adalah bagaimana meningkatkan daya saing. Ini yang menjadi fokus UR ke depan,” apalagi UR sudah meningkatkan rangking menjadi rangking ke-16 dari Perguruan Tinggi di Indonesia,” jelas Aras.

IMG_8835

Sumber : HUMAS Universitas Riau

“Melalui pertemuan antara civitas akademika UR dengan Dr KH Abdul Wahib Maktub di UR melalui forum diskusi dan Kuliah Umum ini, mampu memberikan motivasi, saling berbagi pengalaman, serta wadah penyampaian aspirasi dalam upaya meningkatkan mutu UR ke depan.

Forum dengan narasumber Dr KH Abdul Wahib Maktub di UR ini, selain membahas tentang strategi kebijakan peningkatan mutu perguruan tinggi Indonesia era kompetensi global dan lokal, juga dibahas tentang “Peningkatan Mutu Universitas Riau dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)” yang dikemas dalam bentuk Kuliah Umum. (wendi) **

FOLLOW US ON:
Maraknya Berita “H
Tabloid Mahasiswa Pe

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: