Saturday, Nov 18, 2017
HomeBeritaLibatkan Unsur Terkait dalam Peningkatan Kinerja PK BLU UR Bidang Layanan Pendidikan

Libatkan Unsur Terkait dalam Peningkatan Kinerja PK BLU UR Bidang Layanan Pendidikan

foto rapat persiapan kegiatan UR MONEV PK BLU (12 JULI 2017) (2)

 

unri.ac.id Menyambut masa Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kinerja Badan layanan Umum (BLU) Bidang Layanan Pendidikan di Universitas Riau (UR), oleh Direktur Pembinaan Pengelolaan Keuangan (PK) BLU Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-22 Juli 2017, maka Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UR, Prof Dr Sujianto MSi, melalui koordinator Tim, Prof Dr Usman M Tang MSi menggelar rapat koordinasi persiapan kegiatan Monev di Ruang DPH lantai II Gedung Rektorat UR, Kamis (12/7).

“Pada tanggal 19-22 Juli 2017 nanti, kita (UR-red) akan memasuki masa Monev Kinerja BLU Bidang Layanan Pendidikan di UR. Memasuki masa itu, maka seluruh unsur bagian yang terkait dengan kebutuhan pelaksanaan Monev dimaksud, perlu kita rampungkan pengumpulan semua dokumen-dokumen dan data yang dibutuhkan,” jelas Usman.

Ada dua indikator penilaian yang akan di lakukan dalam menilai kinerja BLU bidang layanan pendidikan ini. Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor 32/PB/2014 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Badan Layanan Umum Bidang Layanan Pendidikan, indikator penilaian dimaksud meliputi Aspek Keuangan dan Aspek Pelayanan.

“Ada dua aspek yang menjadi indikator dalam penilaian Kinerja BLU Bidang Layanan Pendidikan. Penilaian tersebut meliputi Aspek Keuangan dan Aspek Pelayanan. Oleh sebab itu, perlu persiapan kerja yang baik untuk melengkapi dokumen maupun data sesuai dengan aspek tersebut,” terang Usman.

Lebih lanjut, Usman menjelaskan aspek keuangan memiliki bobot tertinggi 30, yang terdiri Sub Aspek Rasio Keuangan dan Sub Aspek Kepatuhan Pengelola Keuangan. Untuk Sub aspek Rasio Keuangan, meliputi Rasio Kas (cash ratio), Rasio Lancar (curret ratio), Periode Penagihan Piutang (collection period), Perputaran Aset Tetap (fixed asset turn over), Imbalan Atas Aset Tetap (return on fixed asset), Imbalan Ekuitas (return on equity), dan Rasio Pendapatan Penerimaan Bukan Pajak (PNBP) Terhadap Biaya Operasional.

Kemudian, Usman juga menjelaskan tentang indikator Sub Aspek Kepatuhan Pengelolaan Keuangan BLU, yang meliputi Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) definitif, Laporan Keuangan Berdasarkan SAK, Surat Perintah Pengesahan Pendapatan dan Belanja BLU, Tarif Layanan, Sistem Akuntansi, Persetujuan Rekening, SOP Pengelolaan Kas, SOP Pengelolaan Piutang, SOP Pengelolaan Utang, SOP Pengadaan Barang dan Jasa, SOP Pengelolaan Barang Inventaris.

“Dari tujuh indikator yang ada dalam Sub aspek Rasio Keuangan, begitu pula dengan 11 indikator yang ada dalam indikator Sub Aspek Kepatuhan Pengelolaan Keuangan BLU UR, kita memberikan apresiasi yang baik terhadap bagian terkait yang telah melaksanakannya. Karena hampir dari semua indikator tersebut melihatkan adanya upaya peningkatan kinerja dari unsur PK BLU UR Bidang Layanan Pendidikan,” ungkap Usman.

foto rapat persiapan kegiatan UR MONEV PK BLU (12 JULI 2017) (1)

Rapat persiapan kegiatan UR MONEV PK BLU 12 JULI 2017 (Sumber : HUMAS Universitas Riau)

Sementara penilaian Aspek Pelayanan dengan bobot tertinggi 70, yang terdiri dari unsur penilaian Sub Aspek Kualitas layanan yang meliputi akreditasi dan prestasi, serta Sub Aspek Mutu dan Manfaat kepada Masyarakat yang meliputi kepuasan pelanggan, Usman kembali mengingatkan kepada unsur bagian yang terkait untuk segera dapat merampungkan dokumen.

“Kepada seluruh pihak yang terkait dalam penyiapan dokumen dan data terkait dengan masa Movev penilaian Kinerja BLU Bidang Layanan Pendidikan, kita berharap agar dapat segera di lakukan pengumpulan kelengkapan dokumen dan data yang dimaksud, untuk menjadi dasar bagi kita dalam meningkatkan mutu dan kualitas Pengelolaan Keuangan BLU Bidang Layanan Pendidikan di UR yang lebih baik,” Ungkap Usman M Tang yang juga merupakan Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UR kepada unsur terkait.

Kegiatan Monev BLU Bidang Layanan Pendidikan ini, merupakan bahan penilaian Kinerja Pimpinan BLU dengan tujuan memantau tindak lanjut yang dilakukan BLU berdasarkan kesimpulan dan rekomendasi laporan monev tahun 2016, Identifikasi permasalahan yang dihadapi BLU dalam implementasi pola pengelolaan keuangan (PPK) BLU sehingga dapat memberikan alternatif solusi permasalahan dan/ atau menjadi masukan bagi penyempurnaan aturan mengenai PPK BLU, serta melakukan penilaian kinerja pemimpin BLU melalui data primer pada setiap BLU.

Pada pertemuan ini, hadir Kepala Biro Umum dan Keuangan, Kepala Biro Akademis, Kepala Biro Perencanaan dan Humas, Kepala Bagian Keuangan, Kepala Bagian Perencanaan, Kepala Bagian Kepegawaian, Kepala Bagian kemahasiswaan dan Alumni, Kepala Subbagian di lingkungan Perencaaan, Kepala Subbagian Barang Milik Negara (BMN), Kepala Subbagian Hukum dan Tatalaksana, serta Kepala Subbagian yang ada di jajaran Keuangan UR. (laporan tim pemberitaan UR) ***

FOLLOW US ON:
Kemauan dan Strategi
Maraknya Berita “H

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: