Sunday, Sep 24, 2017
HomeBeritaUniversitas Riau dan BOB-BSP-Pertamina Hulu Jalin Kerjasama

Universitas Riau dan BOB-BSP-Pertamina Hulu Jalin Kerjasama

IMG_20170105_110200

unri.ac.id Perkembangan industri yang sangat pesat saat ini menjadi tantangan berbagai pihak untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia yang handal dan ahli dibidangnya. Hal inilah yang menjadi alasan terjalinnya kerjasama antara Universitas Riau (UR) dengan Badan Operasi Bersama (BOB) Perseroan Terbatas (PT) Bumi Siak Pusako dan Pertamina Hulu, Kamis (5/1) di aula lantai IV gedung Rektorat UR.IMG_20170105_110204

Sumber : Humas Universitas Riau

General Manager BOP Bumi Siak Pusako Susanto Budi Nugroho, saat kegiatan penandatanganan nota kesepahaman (MoU), mengharapkan agar MoU ini dapat dilakukan secara khusus dalam bidang apa yang selaras dengan BOB agar bisa memberikan sumbangsih bagi UR nantinya. “Semoga kita dapat bersinergi dalam meningkatkan sumber daya yang berku alitas,” harapnya.

Di BOB saat ini, lanjut Susanto, 50 persen tenaga kerja berasal dari putra daerah. Dan sejak tahun 2015, target produksi melampaui target yang telah ditentukan. Ini berarti daerah sebenarnya sudah mampu mengelola daerah sendiri dengan baik. “UR memiliki putra putri terbaik yang nantinya bisa bergabung bersama kami. BOB akan menyambut baik dan terbuka untuk civitas akademika UR yang ingin menerapkan ilmunya secara aplikatif di BOB PT. Bumi Siak Pusako,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Riau yang diwakili oleh Biro Administrasi Ekonomi dan Sumber Daya Alam Provinsi Riau, Rudianto menyebutkan penadatanganan MoU ini merupakan bentuk upaya untuk menyikapi perkembangan dunia industri yang sangat ketat saat ini.

IMG_20170105_110209

Sumber : Humas Universitas Riau

“Dengan adanya MoU ini, diharapkan akan menjadi tonggak bagi dunia pendidikan, khususnya perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau sebagai “kiblat” dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang berdaya saing tinggi dimasa depan,” ungkapnya.

Pola kerjasama seperti ini, lanjut Rudianto hendaknya menjadi acuan bagi perusahaan-perusahaan lain yang ada di Provinsi Riau dalam berbagai bidang kerjasama. Kerjasama tersebut dapat diaplikasikan dengan prinsip kerjasama saling menguntungkan demi mewujudkan kemajuan bersama.

Sementara Rektor UR Prof Aras Mulyadi DEA dalam sambutannya menyebutkan dengan adanya MoU ini semoga UR dan BOB mampu bersinergi untuk meningkatkan sumberdaya yang berkompeten demi kemajuan Provinsi Riau kedepannya. “Kita memiliki SDM dari berbagai ilmu yang tersebar dari berbagai fakultas, dengan SDM yang ada inilah kita bisa melakukan kerjasama nantinya,” ungkapnya.

Selain itu, tambah Rektor, kita di UR ini fokus dalam meningkatkan kompetensi bagi mahasiswa. Salah satu uapaya untuk meningkatkan kompetensi ini adalah dengan mewajibkan mengikuti program magang bagi program studi tertentu untuk mendapatkan softskill, sehingga setelah lulus nanti mahasiswa ini bisa langsung memiliki keahlian dibidangnya. Kita berharap UR dan BOB bisa bekerjasama dalam program magang ini nantinya,” harap Rektor. (mukmin)***

FOLLOW US ON:
UR Raih Peringkat 1
UR-ISDS Laksanakan D

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: