Saturday, Oct 19, 2019
HomeBeritaBekal Bagi Mahasiswa untuk Menambah Wawasan

Bekal Bagi Mahasiswa untuk Menambah Wawasan

unri.ac.id “Mahasiswa harus bisa meningkatkan kemampuan akademik dan kemampuan keterampilannya. Kedua aspek ini harus bagus. Dalam meningkatkan kemampuan, misalnya mahasiswa harus menambah wawasan dalam berkewirausahaan. Banyak peluang dan pekerjaan baru yang harus dibuka.”

Demikian disampaikan Prof Ismunandar Phd Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Belmawa-Kemenristekdikti-RI) sebagai narasumber Kuliah Umum tentang “Penguatan Spirit Kebhinnekaan dan  Kebangsaan” oleh Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidik Misi dan Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) Universitas Riau (Unri) Angkatan Tahun 2019.

Derasnya arus informasi saat ini juga harus dapat disikapi dengan bijak. Banyak kita melihat di media sosial terdapat informasi-informasi yang tersedia berbagai sumber.

“Sebagai mahasiswa, harus bijak dalam mencermati informasi-informasi yang tersedia di media sosial ini. Benar atau tidaknya informasi tersebut bermanfaat atau tidaknya informasi itu. Postinglah hal-hal yang penting jika ingin memposting sesuatu ke media sosial, jangan memakai prinsip “yang penting posting”, karena bisa membahayakan,” kata Ismunandar.

“Terkait dengan beasiswa, kedepan pemerintah akan menyalurkan sebanyak 800 ribu orang yang akan di berikan beasiswa melalui program KIP kuliah. Pada tahun 2024, pemerintah akan menargetkan penerima beasiswa bagi mahasiswa beprestasi dan kurang mampu secara ekonomi menjadi 2 juta orang,” kata Ismunandar.

Saat ini jumlah mahasiswa di Indonesia berjumlah 8 juta orang mahasiswa, dan pemerintah akan menargetkan untuk menyediakan beasiswa kepada 2 juta orang mahasiswa. “Bagaimana agar bisa maju kalau tidak pernah tekun dan bekerja keras. Tingkatkanlah keingintahuan, inisiatif, maupun kemampuan berempati,” pesan Ismunandar.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unri melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof Dr Iwantono MPhill. “Manfaatkanlah materi yang disampaikan narasumber pada pertemuan ini untuk bekal. Selain narasumber dari Kemenristekdikti, Unri juga menghadirkan Mas’ud Tahidin SPt MM selaku motivator bagi mahasiswa.”

“Unri memberikan beasiswa sebanyak 6600 orang. Diantaranya 1272 orang penerima beasiswa Bidik Misi dan 29 Afirmasi. Jadi secara keseluruhan sebanyak 20 persen mahasiswa Unri memperoleh beasiswa,” jelas Wakil Rektor dalam sambutannya di hadapan peserta di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), Sabtu (5 Oktober 2019).

Pada tahun ini Unri menempati peringkat 20 besar dalam bidang kemahasiswaan, sebelumnya berada di tingkat 33. Sementara untuk institusi berada diperingkat 24 dengan sebanyak 94 Program Studi dari jenjang pendidikan Strata Dua (S2), Strata Satu (S1), dan Diploma (D3)

Pada Kuliah Umum ini, Unri menghadirkan pemateri yang akan menjelaskan tentang filosofi, target, motivasi, kebhinnekaan, dan kebangsaan. (redaksi unri news. foto: rizki. roger) ***

sumber: humas univeristas riau

sumber: humas univeristas riau

sumber: humas univeristas riau

sumber: humas univeristas riau

sumber: humas univeristas riau

sumber: humas univeristas riau

sumber: humas univeristas riau

sumber: humas univeristas riau

sumber: humas univeristas riau

FOLLOW US ON:
5 Oktober 2019, Dirj
Tingkatkan Kompetens

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: