Tuesday, Sep 17, 2019
HomeEventIni Jadwal Kompetisi Keselamatan Berkendara: 9 September – 17 Oktober 2019

Ini Jadwal Kompetisi Keselamatan Berkendara: 9 September – 17 Oktober 2019

unri.ac.id Unit Kegiatan Mahasiswa Resimen Mahasiswa Universitas Riau (UKM-Menwa-Unri) merupakan satu diantara wujud dari Sistem Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) dalam lingkup universitas. Menwa terdiri dari unsur mahasiswa yang memiliki semangat rela bela negara dan penguatan ketahanan nasional. Menwa menjadi salah satu unit kegiatan mahasiswa di Unri yang mengemban tanggung jawab dalam membentuk karakter mahasiswa.

Dalam menyemarakkan peringatan hari Sumpah Pemuda pada bulan Oktober mendatang, Menwa Batalyon 041/Indra Buana Unri akan melaksanakan beberapa kegiatan. Antara lain, Safety Riding Competition 2019 Antar Universitas Se-Pekanbaru.

“Pembentukan karakter, diharapkan dapat menjadikan mahasiswa memiliki penguatan wawasan tentang kebangsaan, disiplin, daya tahan fisik dan mental yang kuat, serta mampu melaksanakan tugas yang terpaud dengan Tridharma Perguruan Tinggi, juga menanamkan dasar kepemimpinan pada mahasiswa.” Hal ini disampaikan Andri Andika, Komandan Menwa Batalyon 041/Indra Buana Unri Rabu (11/9/2019).

Lebih lanjut, Andika, menyampaikan kegiatan Safety Riding Competition 2019 ini diselenggarakan sebagai upaya untuk mengenalkan safety riding kepada mahasiswa untuk mendukung terciptanya budaya aman dan nyaman dalam berkendara.

Selain itu, kegiatan ini adalah upaya untuk meningkatkan pengetahuan keselamatan berkendara, keterampilan, serta bertujuan menguji kompetensi para peserta dalam mensosialisasikan pengetahuan tentang keselamatan berkendara kepada masyarakat luas, terutama mahasiswa sebagai garda terdepan penyampai informasi.

“Kompetisi keselamatan berkendara yang juga difasilitasi dalam kegiatan ini, nantinya mengangkat sisi keseriusan khas anak muda, dengan menyuguhkan perspektif baru bagi generasi muda agar dapat meningkatkan minat dan komitmen mereka dalam keselamatan berkendara. Kompetisi keterampilan berkendara ini diselenggarakan pada  19-20 Oktober 2019 mendatang di Area Venue panjat tebing Kampus Binawidya Unri yang melibatkan Panitia Penyelenggara, Peserta, Civitas Akademik Unri, Dinas Perhubungan, Kepolisian, Mahasiswa, undangan pemberi sponsor,” ungkap Andika.

Tambahnya, bagi peserta yang ingin ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini, dapat segera mendaftarkan diri ke Panitia yang beralamat di Markas Menwa Batalyon 041/Indra Buana Unri samping Stadion Mini Unri, pada tanggal 9 September – 17 Oktober 2019 mendatang, dengan berkontribusi sebesar 80.000 rupiah untuk setiap tim yang terdiri dari dua orang peserta.

Pada kegiatan ini, juga akan dilaksanakan kampanye tentang keselamatan berlalu lintas yang disertai dengan pawai keliling Kampus Binawidya Unri. “Pada kegiatan nanti, kita akan melakukan kampanye safety riding dengan cara turun langsung mengimbau pengguna jalan dengan Polisi dan mahasiswa, untuk lebih mencari perhatian langsung pengguna jalan khususnya sepeda motor,” tutupnya. (wendi. foto: istimewa) ***

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

FOLLOW US ON:
Inovasi Pemanfaatan
Selamat Jalan Sang T

wannovrinur@staff.unri.ac.id

Rate This Article: