Sunday, May 19, 2019
HomeBeritaPeran Pendidikan Tinggi dalam Meningkatkan SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter

Peran Pendidikan Tinggi dalam Meningkatkan SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter

unri.ac.id Pendidikan mempunyai peranan yang amat penting untuk menjamin perkembangan dan keberlangsungan kehidupan berbangsa. Demikian yang disampaikan Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA menyampaikan sambutan Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdkti) pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 (Hardiknas) di halaman Gedung Rektorat Kampus Binawidya Unri.

Lebih lanjut, Rektor menyampaikan sesuai dengan tema Hardiknas tahun 2019 “SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter” ini relevan untuk menhadapi kondisi dunia yang berkembang menjadi kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat. “Revolusi perangkat lunak telah mentransformasikan kegiatan ekonomi dengan sebagian pekerjaan yang ada akan digantikan oleh otomatisisasi, oleh karena itu sistem pendidikan dituntut untuk berevolusi mengikuti perkembangan zaman dimana pendidikan tinggi mampu menjawab tantangan dan merealisasikan peluang tersebut.”

“Dengan menyadari semakin tingginya harapan pemerintah dan masyarakat kepada perguruan tinggi dalam memberikan pendidikan pada generasi penerus bangsa agar kompetitif, kreatif, dan inovatif diera disrupsi saat ini. Pendidikan tinggi dituntut untuk ikut berevolusi dan bertransformasi digital dalam penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi dan di harapkan berkontribusi mensosialisasikan masalah sosial ekonomi bangsa,” terang Rektor.

Untuk meningkatkan daya saing pendidikan tinggi, perguruan tinggi didorong untuk meningkatkan akreditasi institusi yang bermutu, dengan didorong peningkatan mutu penelitian dan publikasi, kerjasama pengembangan penelitian di tingkat nasional dan internasional serta memperbanyak prestasi mahasiswa tingkat nasional maupun internasional.

“Daya saing dosen, tenaga pendidikan, dan mahasiswa terus dikembangkan melalui peningkatan literasi pada data, literasi pada teknologi dan literasi pada manusia menghadapi kompleksitas era revolusi industri 4.0 dan society 5.0, kemajuan teknologi menandakan majunya pendidikan dan ilmu pengetahuan yang tetap harus memartabatkan manusia dan menyejahterakan manusia dan bangsa indonesia,” kata Rektor.

Hal penting saat ini, kualitas manusia sebagai insan akademis berkaitan dengan pembangunan, karakter, harus menjadi agenda perioritas bersama. Mewujudkan karakter SDM yang kuat disertai dengan mental anti korupsi menjadi agenda strategis untuk mewujudkan SDM yang berkualitas.

“Merespon kemajuan pendidikan serta ilmu pengetahuan dan teknologi, mari kita manfaatkan dengan bijaksana. Sebagai insan pendidkan tinggi harus memahami dan mengembangkan teknologi dan terus menciptakan inovasi disertai kemampuan belajar sepanjang hayat,” ungkap Rektor.

Pada peringatan Hardiknas tahun 2019 yang digelar Kamis 2 Mei 2019 ini, Rektor Unri juga menyerahkan piagam Satyalancana Karya Satya XXX, XX, dan X kepada 88 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di lingkungan Unri. Pada kesempatan itu, Unri juga menerima penghargaan Juara II pada pertandingan sepak bola liga perfisi FISIP se-Indonesia yang diselenggarakan di Universitas Indonesia.

Pada kesempatan ini juga, juga diumumkan prestasi yang diraih Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka atas juara umum diacara perkemahan bakti Pramuka ke-IV yang dilaksanakan oleh Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. (wendi. foto: rizki) ***

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

FOLLOW US ON:
Bukti Upaya UNRI Mew
Rektor Unri “Launc

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: