Sunday, May 19, 2019
HomeBeritaProgram PPBT Mendukung Lahirnya Pengusaha Kalangan Mahasiswa

Program PPBT Mendukung Lahirnya Pengusaha Kalangan Mahasiswa

unri.ac.id Aplikasi Augmanted Reality Masses Everywhere (ARME) adalah sebuah produk periklanan yang berbasis teknologi, ME Scan merupakan pengembangan teknologi Augmanted Reality untuk penyebaran informasi. Informasi tersebut berupa iklan informasi bersifat text, audio, dan gambar atau gabungan kesemuanya.

Dr Dahliyusmanto PhD, selaku dosen pembimbing penelitian mahasiswa dalam bidang tersebut, Kamis, (18/4/2019) di Kampus Bina Widya Unri, menyebutkan, berkenaan dengan aktifitas pengembangan ini, mahasiswa tergabung dalam Program Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT). Program ini melihat inovasi-inovasi  anak muda berbasis teknologi dimana yang akan dibiayai untuk perkembangan produk ini.

Dari pendaftaran program PPBT ini, utusan dari Riau lulus sebanyak tiga perusahaan yang dikelola oleh mahasiswa, dimana program ini mewajibkan mahasiswa memiliki perusahaan pemula berbasis teknologi yang memiliki produk, inovasi, teknologi apa yang diciptakan bisa dinikmati oleh masyarakat dari pendaftaran tersebut mereka lolos mendapatkan dana hibah sebesar 300 juta dari Dikti untuk mengembangkan perusahanan ini lebih dikenal dan menjadi perusahaan besar.

“Dengan adanya program PPBT ini Dikti membantu mengembangkan dan membesarkan perusahaan ini dan produk ini telah memiliki pelanggan atau costumer untuk menggunakan aplikasi ini sebagai media informasi iklan perusahan tersebut. Satu diantara perusahaan yang telah menikmati produk ini adalah Gaharu Plaza Indonesia yang telah memberi tanggapan menurut mereka sangat membantu dimana dapat mengurangi buget informasi periklanan tidak perlu lagi mengeluarkan buget percetakan bahkan yang lain.

Langkah selanjutnya dengan telah didapatkannya dana hibah dari dikti mereka harus bisa mengembang kan produk ini bahkan perusahaan juga mendapati konsumen dan kostumer lebih banyak lebih berinovasi. (wendi. foto: istimewa) ***

Tim Mahasiswa UNRI (sumber: HUMAS Universitas Riau)

FOLLOW US ON:
Akal Pikiran Harus D
Unri Kembangkan Apli

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: