Sunday, Feb 17, 2019
HomeBeritaUNRI Dukung Kota Pekanbaru Sebagai “Smart City” Madani

UNRI Dukung Kota Pekanbaru Sebagai “Smart City” Madani

unri.ac.id Pemerintah Kota Pekanbaru (Pemko) gelar forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Pekanbaru tahun 2020 di Hotel Pangeran, Kamis 7 Februari 2019 kemarin. Pada kegiatan ini, unsur akademisi diminta untuk memberikan masukan terhadap rancangan implementasi visi misi Kota Pekanbaru kedepannya. Hal ini diungkap Prof Dr Ir Syaiful Bahri MSi, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Universitas Riau (Unri) dijumpai di Kampus Bina Widya Unri, Jumat (8/2/2019).

“Kita berharap, pertemuan pada forum tersebut, dapat menjadi media dalam mendukung Kota Pekanbaru untuk melaksanakan tugasnya sesuai dengan visi dan misi Kota Pekanbaru sebagai Kota “Smart City Madani” meliputi banyak bidang. Mulai dari pendidikan, lingkungan hidup, hingga kawasan pemukiman kumuh,’ ujar Syaiful.

“Kota Pekanbaru akan menjadi kota smart city madani berbasis pendidikan dengan tetap memegang teguh nilai-nilai religius, yang memperhatikan lingkungan hidup dan dengan tetap memperhatikan fungsi tata ruang perairan hingga memperhatikan kawasan pemukiman,” ujar Syaiful.

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Indikator-indikator dalam pembangunan Kota Pekanbaru, diharapkan terwujud pada tahap beberapa rencana pembangunan jangka panjang Kota Pekanbaru. Pembangunan dimaksud diantaranya pengurangan buta aksara dalam membaca Al-Quran anak usia sekolah di Pekanbaru mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menegah Pertama (SMP). Berikutnya terkait kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), pertumbuhan wirausaha baru dan penempatan tenaga kerja terdaftar yang ditempatkan, serta peningkatan koperasi aktif yang ada di Pekanbaru.

Lebih lanjut, Syaiful, menjelaskan berjalannya indikator pembangunan jangka panjang Kota Pekanbaru tidak terlepas kontribusi dari berbagai stakeholder untuk menjadikan Kota Pekanbaru sebagai smart city Madani. (wendi.foto:ist) ***

FOLLOW US ON:
Beberapa Faktor Mela
Unri Lakukan Sosiali

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: