Sunday, May 19, 2019
HomeBeritaProgram Magang Bersertifikat sebagai Program Pengayaan Wawasan Keterampilan dan Kompetensi

Program Magang Bersertifikat sebagai Program Pengayaan Wawasan Keterampilan dan Kompetensi

unri.ac.id Tiga mahasiswa Universitas Riau (Unri) dari dua fakultas, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Pertanian akan mengikuti magang bersertifikat di Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau PT Bulog Riau dan Kepri, Sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengurusi tata niaga beras, Kerja sama ini juga tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding, Kamis, (31/1).

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Prof Dr Ir Syaiful Bahri MSi menyampaikan, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN, sekaligus bisa membantu mereka untuk belajar dan memahami dunia kerja nantinya serta menjadi ajang transfer pengetahuan dari para praktisi kepada mahasiswa calon-calon tenaga kerja profesional, selama enam bulan ke depan guna mendukung program peningkatan produktivitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

“Para peserta program ini, terpilih setelah melalui serangkaian uji seleksi yang telah di tentukan. Nantinya, selain mendapat wawasan luas tentang dunia kerja, mereka juga menerima sertifikat berskala nasional dan uang saku. Mereka akan menjalani program selama enam bulan, terhitung sejak Februari 2019,” jelas Syaiful.

“Kami sangat mendukung program ini. Diharapkan, dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang unggul, berdaya saing, dan siap membangun bangsa serta negara dalam menghadapi persaingan global. Dukungan ini berbentuk Program Magang Mahasiswa Bersertifikat merupakan program di bawah Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang merupakan forum sinergi bagi praktisi human capital management di lingkungan BUMN yang berkomitmen meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia untuk siap bersaing di pasar global,” ujar Syaiful.

Sebagai bentuk nyata komitmennya terhadap kemajuan dan kemandirian bangsa, FHCI berinisiatif melaksanakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat yang melibatkan BUMN sebagai tempat magang bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Indonesia. Peserta magang akan mengisi posisi tertentu di BUMN sesuai dengan disiplin ilmu yang dibutuhkan.

“Program ini merupakan sinergi yang saling menguntungkan karena SDM unggul yang lahir dari program ini, sekaligus akan menjadi alternatif sumber rekrutmen BUMN dan mahasiswa yang terlibat dalam program ini akan mendapat manfaat berupa peningkatan wawasan, pengetahuan dan keterampilan untuk semakin menyiapkan lulusan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja,” kata Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Unri ini dalam pertemuan tersebut.

Lebih lanjut, Saiful, menyampaikan Program Magang Bersertifikat diselenggarakan dengan tujuan sebagai program dalam rangka pengayaan wawasan dan keterampilan untuk mempersiapkan mahasiswa masuk ke dunia kerja terutama dalam menghadapi persaingan global dengan berbekal sertifikat kompetensi. “Program ini bertujuan untuk kalibrasi link dan match kurikulum serta silabus antara yang disampaikan di perguruan tinggi dengan yang dibutuhkan oleh industri. “Bagi industri, melalui program ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber rekrutasi karyawan sesuai kebutuhan, disamping juga untuk meningkatkan company branding bagi perusahaan.”

Senada dengan ini Kepala Seksi SDM dan Hukum Perum Bulog Drive Riau dan Kepri, Ary Atfaliyah Rianti SH, menyapaikan ucapkan terimaksih kepada Unri telah bekerjasama untuk mendukung Program Magang Mahasiswa Bersertifikat merupakan program di bawah FHCI yang merupakan forum sinergi bagi praktisi human capital management di lingkungan BUMN yang berkomitmen meningkatkan SDM Indonesia untuk siap bersaing di pasar global.

Melalui kerja sama magang bersertifikat ini, Ary Atfaliyah Rianti berharap mahasiswa Unri secepatnya dapat berkarir di dunia kerja. Dengan begitu, masa tunggu mereka pasca-kuliah menjadi lebih pendek. ”Selama magang, para mahasiswa ini akan akan dibekali pengalaman-pengalaman kerja selama magang sesuai dengan kompetensi jurusannya masing-masing. Lalu nanti setelah magang, mereka akan diberikan sertifikat,” tuturnya.

Menurutnya, program ini sebagai salah satu upaya untuk link and match antara perguruan tinggi dengan BUMN atau dunia kerja. Kedepannya, mudah-mudahan semakin banyak lagi mahasiswa yang dapat menjadi mitra. Karena program ini sangat bagus untuk menyesuaikan kriteria lulusan Perguruan Tinggi kedepan. (wendi.foto:roger,berlianvisco) ***

FOLLOW US ON:
Penetapan Nama-Nama
UNRI-PTBA Ciptakan S

wannovrinur@staff.unri.ac.id

Rate This Article: