Saturday, Dec 15, 2018
HomeBeritaPentingnya Kolaborasi dalam Peningkatan Pendidikan di Perguruan Tinggi

Pentingnya Kolaborasi dalam Peningkatan Pendidikan di Perguruan Tinggi

unri.ac.id Peningkatan kualitas perguruan tinggi bisa dilakukan dengan mengadakan kerja sama serta kolaborasi antar perguruan tinggi. Hal inilah yang juga telah dilakukan oleh Universitas Riau (Unri) bersama dengan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) yang dituangkan pada Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakandi Aula Serba Guna, Gedung Rektorat Kampus UMRAH Kepulauan Riau, Jumat (30/11).

Kerja sama dua Perguruan Tinggi di Riau ini, adalah bentuk perhatian Pengelola Pendidikan Tinggi terhadap peningkatan Tridarma Perguruan Tinggi. Hal inidiungkap oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistim Informasi Universitas Riau (Unri), Prof Dr Mashadi MSi, di hadapan civitas akademika Unri-UMRAH. “Ada delapan ruang lingkup perjanjian kerjasama. Pertama, penyelenggaraan pendidikan akademik, vokasi dan profesi. Kedua, Pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.”

“Ketiga, pengembangan dan pemanfaatan laboratorium untuk pembelajaran, Keempat penyediaan bantuan tenaga ahli pada kegiatan bimbingan teknis, lokakarya atau seminar, Kelima, penyediaan dan pengelolaan sarana dan prasarana penunjang pendidikan dan pogram lainnya. Selanjutnya yang keenam, adalah pengembangan sumber daya manusia melalui pogram pascasarjana pada jenjang Strata Dua (S2) dan Starata Tiga (S3). Ketujuh, pelaksanaan praktik lapangan, kuliah kerja nyata, Bakti Kerja Praja dan Program Magang bagi Mahasiswa Umrah, dan delapan, bidang lainnya yang relevan dengan upaya pengembangan kapasitas kelembagaan, manajemen pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan,” ungkapnya.

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Lebih lanjut, Mashadi, mengucapkan terimaksih kepada Rektor UMRAH, Prof Dr Syafsir Akhlus MSc, atas penyambutannya yang luar biasa dan selamat kepada Umrah atas perolehan peringkat akreditasi B yang telah dicapai. UMRAH merupakan Universitas baru yang termasuk cepat pergerakannya untuk memajukan dunia pendidikan terutama untuk kepulauan Riau

“Umrah dengan Unri adalah seperti “kakak-beradik” dari sisi umur, namun dari jumlah Program Studi (Prodi) Unri lebih banyak. Dari pandangan “kakak-beradik” inilah, Unri-UMRAH mengkolaborasikan kerjasama dalam bidang riset bersama antar universitas. Dari sistem kerjasama, Unri selalu berusaha untuk melakukan berbagai kerjasama untuk kemajuan Pendidikan Tinggi secara nasional,” ujar Mashadi.

“Dapat disebutkan, pada kepemimpinan Rektor UMRAH saat ini beserta jajarannya, mulai nampak ada perubahan yang sangat pesat dalam dunia Pendidikan Tinggi di Kepulauan Riau. Oleh karena itu, Unri sendiri memiliki 63 orang guru besar, dan 300 Doktor yang siap untuk berkolaborasi dan kerjasama dengan Umrah,” kata Profesor pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unri ini.

“Besar harapan dari kolaborasi kerjasama ini berjalan lancar untuk kebutuhan bersama terutama indikator peningkatan universitas,” tuturnya.

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Senada dengan hal ini, Rektor UMRAH, Prof Dr Syafsir Akhlus MSc, menyampaikan saat ini diperlukan upaya untuk melakukan peningkatan kolaborasi antar perguruan tinggi, sehingga setiap perguruan tinggi bisa berbagi ilmu dengan di daerah lain dalam periode tertentu.

“Bentuk konkret dari adanya kerja sama ini adalah dengan mengadakan penyelenggaraan pendidikan akademik, vokasi dan profesi, kerja sama penelitian, pengembangan dan pemanfaatan laboratorium,pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pogram pascasarjana S2 dan S3, serta pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kedua universitas,” jelas Syafsir.

“Kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan mutu Perguruan Tinggi (PT) karena persaingan PT saat ini sudah mengglobal. Dalam persaingan yang semakin kompetitif, yang diperlukan adalah kerja sama dan kolaborasi antar universitas bukan sebaliknya. Masing masing PTS memiliki kelebihan sehingga hal ini dapat ditransfer masing-masing PT dengan biaya yang terjangkau dan teknologi tinggi. Selain itu, kerja sama ini dalam rangka mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi yang menitikberatkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian,” tutupnya. (wendi.foto:mukmin/rizki)***

FOLLOW US ON:
Anggota Korpri Adala
Unri Bersama Mitra T

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: