Saturday, Dec 15, 2018
HomeBeritaPemuda Sebagai Semangat Baru Bangsa Indonesia

Pemuda Sebagai Semangat Baru Bangsa Indonesia

unri.ac.id Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa indonesia menyatakan kemerdekaannya. Wakil Rektor Bidang Akademis, Prof Dr Ir Thamrin MSc, saat berada di Kampus Bina Widya Unri, Rabu (14/11), mengajak seluruh civitas akademika Unri untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara.

“Berkenaan dengan semangat kepahlawan ini, hendaknya bukan semata menjadi sebuah momentum biasa, namun harus sarat akan makna. Hari pahlawan bukan hanya menjadi sebuah sejarah, apalagi hanya sebagai prosesi saat dialaksanakan upacara peringatan hari pahlawan, namun subtansi setiap peringatan hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasikan nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Thamrin.

Sumber: HUMAS Universitas Riau

“Dengan tema hari pahlawan tahun 2018 ‘’Semangat Pahlawan di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan. Oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bangsa dan negara,” tuturnya.

“Indonesia memerlukan semangat-semangat kepahlawanan baru yang mempunyai sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini, terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkaraker menguasai ilmu pengetahuan,” ujar Thamrin.

“Negeri ini mebutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalah sosial, selain itu negeri ini diharapkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bansa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan negara lain khususnya ketika negeri ini dalam menghadapai era revolusi industri 4.0,” tutupnya.

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Dalam peringatan hari pahlawan tahun 2018 kemarin, Unri melaksanakan Upacara peringatan hari pahlawan. Pada upacara bendera peringatan hari pahlawan itu, Unri juga menerima sertifikat penghargaan sebagai mitra peneliti asing terbaik, kategori perguruan tinggi negeri diluar Pulau Jawa dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan kepada Unri. (wendi.foto:riski) ***

FOLLOW US ON:
Semangat Hari Pahlaw
UNRI Terapkan Teknol

wannovrinur@staff.unri.ac.id

Rate This Article: