Saturday, Dec 15, 2018
HomeBeritaWujudkan Calon Pemimpin Bangsa yang Berkualitas Melalui Penerangan Hukum

Wujudkan Calon Pemimpin Bangsa yang Berkualitas Melalui Penerangan Hukum

unri.ac.id Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau bekerja sama dengan Universitas Riau (Unri) menaja kegiatan kuliah umum tentang penerangan hukum di hadapan mahasiswa Unri di ruangan Serbaguna Siak Sri Indrapura lantai IV Gedung Rektorat Kampus Bina Widya Unri, Kamis (4/10). Kegiatan yang mengambil tema “Memasyarakatkan Kampus Sadar Hukum untuk Mewujudkan Calon Pemimpin Bangsa yang Berkualitas” ini  bertujuan untuk memberikan penerangan hukum yang merupakan program pembinaan masyarakat taat hukum (Binmatkum) dalam rangka jaksa masuk kampus.

Wakil Kepala Kejati Riau Dr Mia Amiati SH MH dalam kuliah umumnya menyampaikan dengan tema “Memasyarakatkan Kampus Sadar Hukum untuk Mewujudkan Calon Pemimpin Bangsa yang Berkualitas” kepada para mahasiswa yang hadir.

IMG_2636

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_2679

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Menurutnya “Sering terjadi kesalah pahaman di masyarakat karena memahami hukum, upaya untuk meningkatkan kesadaran hukum harus dimulai dari dunia pendidikan. Pendidikan yang baik harus mampu menghasilkan manusia yang bertanggung jawab, toleran, dan peduli dengan lingkungannya. Dengan adanya kesadaran hukum, kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi tertib.”

Wakil Kepala Kejati Riau, menjelaskan hanya lewat orang-orang terpelajarlah, yang mencintai ketertiban dan keharmonisan hidup bermasyarakat, kesadaran hukum dapat ditumbuh kembangkan. “Generasi muda harus ikut serta dalam membantu pemerintah dalam melakukan penegakan hukum, setidaknya dengan tidak melanggar aturan-aturan yang telah ditetapkan, contoh kecilnya bisa berupa tertib lalu lintas dan lain sebagainya,” papar Mia.

IMG_2651

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Senada dengan hal ini, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof Dr Sujianto MSi, dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh peserta agar mengikuti penerangan hukum yang disampaikan oleh Kejati Riau dapat menambah pengetahuan tentang hukum. “Unri sangat menyambut baik kegiatan ini sebagai wadah menambah ilmu pengetahuan, terutama untuk kembali merekatkan hubungan antar Unri dengan Kejati Riau. Kita berharap, Kejati Riau dapat terus meningkatkan hubungan kedua institusi untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia dalam bidang hukum,” harapnya. (wendi.foto:rabit) ***

FOLLOW US ON:
1 Oktober 1962-1 Okt
10-11 Oktober 2018,

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: